Pages

Senin, 18 November 2013

Wright Bersaudara

Wright Bersaudara Gadis


Bayangkan kalau sampai sekarang nggak ada pesawat terbang. Kita nggak bakal bisa berpergian ke tempat yang jauh dan negara-negara di dunia akan susah untuk saling terhubung. Ini dia, dua tokoh dunia yang menciptakan benda hebat bernama pesawat. Mereka dikenal sebagai Wright Bersaudara.

Nama asli Wright Bersaudara adalah Wilbur Wright dan Orville Wright. Sang kakak, Wilbur Wright lahir pada 16 April 1867 di kota Millville, Indiana, sedangkan adiknya Orville Wright lahir di kota Dayton, Ohio pada 19 Agustus 1871. Awalnya, dua kakak beradik ini mengelola sebuah toko di Ohio, dimana toko tersebut adalah tempat untuk membuat, menjual, dan mereparasi sepeda. Keduanya memang sudah terlihat tertarik dengan bidang mekanika.

Pada tahun 1889, mereka mulai membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar. Ketiga pesawat ini dites di pantai Kitty Hawk, Carolina Utara dan diuji sampai 1000 kali penerbangan sampai akhirnya berhasil diterbangkan. Selanjutnya, dua kakak-beradik ini membuat mesin motor ringan yang kemudian dipasang di pesawat keempat. Pesawat tersebut mereka beri nama Wright Flyer. Pada tanggal 17 Desember 1903, untuk pertama kalinya Wright Bersaudara menerbangkan pesawat udara berkendali sejauh 6,5 kilometer di wilayah Kitty Hawk.

Pesawat tersebut dikemudikan oleh Orville dan sukses mengudara selama 12 detik dengan tinggi 37 meter dari tanah. Penerbangan tersebut menjadi penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah. Kini, pesawat yang terkenal dengan nama Kitty Hawk ini diletakkan di Museum Dirgantara yang berada di Washington DC. Banyak yang menganggap, kesuksesan Wright Bersaudara dalam penciptaan pesawat terbang karena mereka saling berkerja sama dengan sempurna. Rizkya-Dok: www.gardenofpraise.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar