Pages

Minggu, 17 November 2013

Menduduki Jabatan Baru

Dalam dunia kerja, ada kalanya prestasi Anda yang gemilang mengantarkan Anda pada jabatan baru yang lebih tinggi. Jabatan yang baru tersebut memang merupakan hal yang patut utuk dirayakan, namun disisi lain jabatan baru juga menuntut Anda melakukan banyak hal lain ketika mendudukinya.
Terlebih jika jabatan baru yang diberikan kepada Anda tersebut tergolong tinggi dan memiliki tanggung jawab yang sangat besar, seperti manager atau direktur. 
Adaptasi menjadi hal yang mutlak yang Anda lakukan saat menduduki jabatan baru. Jangan sampai prestasi gemilang yang sebelumnya mengantarkan Anda pada posisi tersebut justru berubah menjadi cercaan dari anak buah, ketidakpuasan klien atau teguran dari atasan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat menduduki jabatan baru agar perjalanan karir Anda tetap mulus.

1. Jaga kepercayaan diri
Kepercayaan diri yang tinggi adalah salah satu faktor penting untuk menentukan kesuksesan seseorang. Rasa percaya pada kemampuan diri juga tetap harus Anda pertahankan sekalipun Anda tengah menghadapi situasi yang mungkin masih sangat baru dan belum Anda pahami dengan baik.

Pasalnya, ketika rasa percaya diri Anda memudar akibat jabatan baru yang harus Anda jalankan dengan baik, hal tersebut justru akan berdampak negatif pada pekerjaan Anda. Tak jarang orang-orang di sekitar Anda juga akan merasakan dan menerima imbas dari perubahan tingkat kepercayaan diri Anda tersebut. Ingatlah, jika Anda tak percaya terhadap diri Anda sendiri. Bagaimana atasan dan anak bah dapat percaya pada Anda?

2. Jangan mengubah kepribadian Anda
Banyak orang yang baru menerima promosi jabatan tak lagi seperti dirinya yang dulu. Mungkin dulu Anda adalah orang yang ramah dan suka bercanda dengan rekan-rekan, namun ketika Anda menduduki jabatan yang baru Anda menjadi orang yang super kaku dan jarang tersenyum. Padahal, hal tersebut tak perlu dilakukan.
Tetaplah menjadi diri Anda yang sebenarnya saat Anda menduduki jabatan yang baru. Sadarilah bahwa Anda terpilih karena Anda menjadi diri Anda sendiri.

3. Jangan malu untuk bertanya
Bertanya adalah solusi tepat ketika Anda merasa bingung dan merasa kesulitan menyelesaikan suatu masalah atau ketika Anda kurang paham tanggung jawab baru Anda. Karena itu jangan ragu untuk berkonsultasi dengan atasan Anda, atau bahkan dengan anak buah sekalipun ketika Anda bermasalah saat Anda menduduki jabatan baru.
Bertanya tidak akan membuat Anda tampak bodoh, malahan, dengan bertanya Anda dapat membuka mata bahwa sebenarnya Ada banyak jalan keluar untk satu masalah yang Anda hadapi.

4. Waspadai "politik" kantor
Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang menduduki jabatan baru maka ia cenderung akan sering diserang dan dicari-cari kelemahannya. Beberapa rekan sekerja mungkin merasa karirnya "dilangkahi" dan selebihnya merasa iri atas kesuksesan atas kesuksesan Anda menduduki jabatan baru tersebut.

Maka sebaiknya Anda benar-benar mengenali mana teman yang objektif terhadap kinerja Anda dan mana lawan yang ingin menjatuhkan Anda agar tahu persis bagaimana sebaiknya menghadapi orang-orang di lingkuangan kerja Anda.
Siapkan mental Anda dalam menghadapi orang-orang yang ingin menjatuhkan Anda. Tak perlu balik menghujat, sebaliknya tunjukan pada mereka kalau Anda professional dan layak menduduki jabatan baru tersebut.

Tips di atas merupakan hal yang perlu Anda lakukan ketika menduduki jabatan baru. Hal yang tidak kalah penting daripada hal-hal di atas adalah bersyukur kepada Tuhan karena Anda dapat menduduki jabatan baru tersebut.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/menduduki-jabatan-baru#sthash.tPJRnr11.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar