Pages

Minggu, 17 November 2013

Rumah Segar dengan Kebun Mini

Mempunya sebidang tanah tak terpakai di halaman rumah? Berkebun saja! Selain menjadi kesibukan yang positif, berkebun juga dapat memberikan kesenangan tersendiri, apalagi jika bisa menjadi salah satu sumber pemasukan sampingan.  
Pastinya rumah akan terlihat segar ketika beberapa area tanah di rumah ditumbuhi dengan tumbuhan-tumbuhan hijau. Salah satu cara terbaik bagi Anda yang ingin memiliki kebun di rumah yaitu dengan membuat kebun mini.
1. Cari yang Mudah Ditanam
Untuk awalan, carilah tanaman yang proses penanaman dan perawatannnya tidak menyulitkan Anda. Tanaman yang rumit bisa jadi malah membuat Anda malas untuk meneruskan ativitas ini.
Anda bisa mencari bibit-bibit tanaman di penjual tanaman. Jika tidak yakin dengan pengetahuan Anda tentang mudah tidaknya penanaman bibit tersebut, bisa tanyakan terlebih dahulu kepada penjual sebelum membeli.
Tanaman bunga, TOGA (tanaman obat keluarga), dan sejumlah tanaman yang kerap digunakan sebagai bahan masakan bisa menjadi pilihan awal untuk Anda berkebun di rumah.

2. Jangan Buru-buru
Satu hal yang perlu Anda ingat adalah jangan terburu-buru mengharapkan hasil dari tanaman yang telah ditanam. Perlu sejumlah waktu sebelum hal tersebut bisa Anda peroleh. Karena dalam berkebun dibutuhkan ekstra kesabaran.
3. Rawatlah dengan Baik
Perawatan adalah salah satu hal terpenting dalam berkebun. Pastikan Anda melakukan penyiraman, penyiangan, pemupukan, dan upaya perawatan lainnya secara teratur agar tanaman tumbuh dengan baik.Selain baik untuk tanaman, kegiatan rutin semacam ini juga akan baik untuk kesehatan Anda.
4. Bagaimana dengan lahan sempit?
Tak perlu khawatir jika lahan yang Anda miliki cukup sempit, kegiatan berkebun masih bisa dibuat menyenangkan.Anda bisa menyiasatinya dengan menanam tanaman berukuran kecil atau bahkan bonsai, serta memanfatkan pot-pot sebagai media tanam. Adapun cara lain yang bisa dilakukan untuk berkebun tanpa harus memiliki lahan yang besar,  yaitu dengan cara hidroponik.

Hidroponik merupakan cara bercocok tanam dengan  metode budidaya tanaman  yang menggunakan media air.  Keuntungan menggunakan metode hidrponik sangat aman karena disini kita tidak perlu menggunakan pestisida atau herbisida, yang terbilang berbahaya bagi tanaman.
Ada beberapa jenis metode menanam dengan hidroponik yaitu dengan cara nutriculture atau aquaculture  adalah metode hidroponik dengan merendam akar tanaman dalam campuran kompleks nutrisi.

Cara lain selain nurticulture yaitu dengan kultur agregat. Ini adalah cara bertanam dengan menggunakan pasir, kerikil atau kelereng untuk tempat tanaman tumbuh.

Memiliki kebun di lahan sempit akan memacu Anda menjadi lebih kreatif dalam memilih tanaman juga mengaturnya agar terlihat rapih dan enak dilihat.
Jadi tak salah bukan jika memiliki kebun mini di rumah selain untuk meredam polusi udara, memiliki kebun mini di rumah juga bisa menjadikan tempat yang cozy untuk quality time bersama keluarga.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/rumah-segar-dengan-kebun-mini#sthash.K2OPQE0t.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar