Pages

Senin, 18 November 2013

Michael Saul Dell

Michael Saul Dell Gadis


Sebagian besar dari kita tentu familiar dengan brand gadget Dell. Perusahaan tersebut merupakan yang terbesar di dunia. Di baliknya, ada sosok Michael Saul Dell. Kelahiran 23 Februari 1965 ini bukan geek penggila teknologi. Sejak kecil, ia justru tertarik dengan bisnis. Lebih lengkapnya, simak kilasan perjalanan salah satu orang terkaya di Amerika ini.  
  • Michael lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat. Ayahnya seorang dokter sedangkan ibunya pialang saham.
  • Di usia 12 tahun, ia menjalankan usaha pertamanya, Dell’s Stamp, yaitu jual beli koleksi prangko. Dari situ, Michael kecil memperoleh keuntungan 2000 dollar AS.
  • Beranjak remaja, Michael kerja paruh waktu menjual kupon potongan harga. Dari situ, ia mengamati bahwa yang paling sering membeli adalah pasangan yang baru menikah atau baru pindah rumah. Maka, Michael pun mencari daftar pasangan baru serta keluarga yang pindah rumah, dan menawarkan kupon pada mereka. Berkat taktiknya, cowok yang baru di bangku SMA sukses memperoleh 18.000 dollar AS dalam setahun.  
  • Atas permintaan sang ayah, Michael mengambil studi Biologi di University of Texas dan berencana meneruskan ke jurusan Kedokteran.
  • Hampir bersamaan dengan itu, Michel memulai usaha komputer. Ia membeli komputer IBM, mengupgrade-nya kemudian dijual kembali.
  • Usaha komputer Michael berkembang pesat hingga ia meraih laba 50 ribu dollar AS. Ia pun memutuskan tidak mengambil bidang kedokteran, melainkan bisnis.
  • Di usia 21 tahun, Michell meresmikan usaha komputer Dell. Sejak saat itu, Dell Inc. terus maju dan berkembang ke seluruh dunia. Hingga kini mereka merupakan salah satu perusahaan komputer terbesar.
  • Selain berbisnis, Michael bersama istrinya Susan mendirikan Michael and Susan Dell Foundation di tahun 1999. Lembaga ini fokus di berbagai masalah sosial, seperti pendidikan serta kesehatan anak.
Tisam – Foto: www.dell.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar