Pages

Minggu, 17 November 2013

Menjadi Superstar di Dalam Kantor

Tidak hanya di panggung atau di kelas saja, namun Anda juga bisa jadi superstar di kantor Anda. Mungkin sedikit terdengar lucu, tapi nyatanya di setiap kantor pastilah ada sosok yang didaulat menjadi superstar.
Entah didasarkan pada kinerjanya yang baik, wajahnya yang cantik atau tampan, maupun karakternya yang menyenangkan.

Superstar di kantor biasanya akan menjadi panutan atau idola baik bagi teman-teman maupun bawahannya. Bahkan, superstar juga akan dihargai dan dihormati oleh atasan. Superstar di kantor juga punya kesempatan lebih besar untuk segera menaiki tangga karirnya.

Tak perlu sekedar bermimpi dan berangan-angan untuk menjadi superstar di kantor. Berikut akan diuraiakan beberapa  tips untuk menjadi superstar di kantor, yang tentunya bisa segera Anda terapkan, yaitu:

1. Selalu berpakaian rapi dan bersih
Faktanya penampilan memang tidak bisa dijadikan tolak ukur bagi kemampuan dan kinerja seseorang di suatu kantor. Namun, dengan penampilan yang baik, rapi, dan bersih tentunya akan membuat Anda lebih nyaman sehingga orang lain yang melihat Anda pun akan ikut senang. Dengan penampilan yang fashionable andapun akan terlihat lebih professional dan pintar.
2. Bersikap bijaksana ketika melakukan kesalahan
Jika pada suatu kali Anda terpaksa melakukan kesalahan, maka jangan mudah menyerah atau menyalahkan diri Anda sendiri. Akui lah kekurangan dan kesalahan Anda secara ksatria, lalu tetaplah bersemangat untuk pekerjaan selanjutnya.
Jadikan kesalahan tersebut sebagai sebuah pembelajaran agar tidak ada kesalahan yang sama terjadi di masa depan. Buatlah catatan atau jurnal kerja agar Anda selalu mengingat kesalahan tersebut.

3. Menghindari masalah pribadi di kantor
Sebaiknya Anda berhati-hati dalam bergaul atau berinteraksi dengan teman-teman kantor. Bukan berate harus menjauh dan menutup diri, tapi pintar-pintarlah bergaul secara professional.

Seringkali pergaulan di kantor akan mengakibatkan hubungan antar individu yang sangat dekat. Akhirnya, kedekatan tersebut yang kemudian mempengaruhi kinerja di kantor. Masing-masing tidak bisa bersikap professional karena sudah terlanjur berteman dekat. Parahnya, jika suatu kali terjadi masalah pribadi, pastilah akan berimbas pada pekerjaan di kantor.

4. Inisiatif
Seorang idola biasanya pintar dan cerdas dalam membuat inisiatif. Misalnya ketika perusahaan mengalami masa krisi, maka karyawan superstar akan membuktikan loyalitasnya kepada perusahaan dengan tetap rajin bekerja, lembur, dan memikirkan solusi guna membantu perusahaan keluar dari masa krisis.

Karyawan superstar juga seringkali lebih cepat berinisiatif untuk membantu teman yang tengah mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan.
Misalnya, ketika salah satu karyawan tengah sakit, padahal pekerjaanya sedang sangat banyak. Seringkali, si superstar akan meluangkan waktu untuk membantu mengerjakan pekerjaan teman yang sedang sakit tersebut.

5. Jangan mengkritik tanpa solusi
Seorang yang menjadi idola di kantor biasanya adalah pribadi yang tidak suka banyak omong, namun giat bekerja. Apalagi, memberikan kritik pedas yang justru membuat teman sekantor menjadi kesal. Hal ini jelas harus Anda hindari jika ingin menjadi superstar di kantor. Jika sekali waktu ingin mengkritik pekerjaan teman maka gunakan bahasa yang halus dan berikan solusi yang dapat membantu.

6. Selalu bersikap manis
Karyawan idola pastilah selalu bersikap manis pada semua orang, entah itu atasan maupun bawahan. Bersikap manis disini bukan berarti harus menjilat atau berpura-pura baik. Namun, bersikap manis harus dilakukan secara jujur dan ikhlas serta tulus dari dalam hati. Misalnya, dengan cara bersikap ramah, murah senyum, dan loyal kepada teman-teman sekantor.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/menjadi-superstar-di-dalam-kantor#sthash.Fi2gHLil.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar