Pages

Minggu, 17 November 2013

Berkunjung di Museum Kereta Api Ambarawa

Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui bahwa ada museum kereta api yang sangat bagus dan masih terjaga keasliannya dari jaman dulu sampai sekarang.
Museum yang terdapat di kota ambawara, kota kecil di tengah-tengah kota besar kota semarang dan kota magelang ini memang belum begitu popular.
Tapi jika Anda pernah sekali saja pergi ke museum ini, Anda pasti ingin mengunjungi museum kereta api ini lagi dan lagi. Karena di museum ini kita bisa merasakan keadaan jaman dulu, dari bangunan peninggalan Belanda yang masih terawat sampai kereta api uap yang Berjaya di jaman dulu masih yang bisa beroperasi.
Museum kereta api Ambarawa ini memang tidak sama dengan museum-museum kebanyakan yang menggunakan gedung-gedung. Museum ini menggunakan stasiun kereta yang sudah tidak terpakai dan dijadikan sebagai museum untuk menyimpan lokomotif dan barang-barang perlengkapan kereta api pada jaman dulu.
Saat mengunjungi museum ini jangan kaget jika nanti anda tidak bisa membaca tulisan-tulisan yang ada dibangunan museum yang dulunya stasiun kereta ini. Tulisan-tulisan itu masih ditulis dengan bahasa Belanda karena dulu memang museum ini buatan Negara Belanda.
Dihalaman museum kereta api ini juga terdapat satu kereta api uap tua  yang dijadikan sebagai ikon dari museum kereta api Ambarawa ini.
Museum ini dibagi dalam 2 kategori, yang pertama adalah ruang pameran pada bagian dalam gedung dan ruang pameran pada luar gedung.
Pada ruang pameran dalam gedung disana dapat ditemukan benda-benda perlengkapan perkeretaapian yang masih terjaga keasliannya dan tertata rapi didalam rak-rak kaca.
Perlengkapan itu diantaranya potongan rel, mesin ketik, alat komunikasi dan masih banyak lagi.
Pada ruang pameran luar gedung, disana terdapat banyak sekali kereta api uap yang sudah tertata rapi untuk dinikmati para pengunjung.
Kereta api tua ini hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Dengan adanya kerera-kereta api tua ini membuat suasana jaman dulu semakin terasa di museum ini.
Yang menarik dari museum ini adalah adanya satu kereta api uap yang masih berfungsi. Kereta api uap tua ini sampai sekarang masih digunakan untuk perjalanan wisata dari museum ini.
Dengan adanya kereta api uap yag masih berfungsi ini kita dapat merasakan naik kereta api uap sungguhan yang Berjaya pada jaman dulu.
Jadi, tunggu apa lagi, jika Anda ingin merasakan kembali ke jaman dulu tidak salah jika Anda memilih museum satu ini.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/berkunjung-di-museum-kereta-api-ambarawa#sthash.eurZM2Aa.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar