Pages

Senin, 18 November 2013

Macam-macam Sakit Perut


Macam-macam Sakit Perut  Gadis

Aduh sakit perut! Tampaknya, maag kambuh nih. Harus segera makan obat  maag, nih. Eits, jangan buru-buru makan obat. Pastikan dulu, jenis sakit perut kita. Coba deh, cek bagian perut yang terasa nyeri berikut. 

Nyeri perut datang seusai makan
Sakit perut ini disebabkan gas yang berlebihan ketika mencerna makanan. Biasanya, timbul saat kita menelan udara atau makanan yang mengandung banyak gas dam gula, seperti susu, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Sakit perut ini muncul karena tingginya asam lambung alias maag.  Bila obat maag tidak mengurangi rasa nyeri, kita patut curiga ada masalah dalam empedu dan jantung kita.

Nyeri perut sebelah kiri.
Ini bisa menjadi tanda ada masalah dalam Colon descendens atau usus. Biasanya, terjadi peradangan di dalam usus besar akibat bakteri atau pun pola makan yang salah. Nyeri ini bisa menyebabkan diare dan mengeluarkan dara dalam tinja. 

Nyeri perut sebelah kanan.
Bila nyeri terasa pada bagian ini, kemungkinan ada gangguan dalam organ-organ, seperti hati, empedu, ginjal dan usus kecil. Salah satu penyakit yang sering muncul adalah batu ginjal. Batu-batu kecil melukai dinding perut sehingga terasa nyeri. Kasus lain adalah usus buntu. Terjadi pengendapan hasil pencernaan di dalam usus sehingga tak bisa bekerja maksimal. Kondisi ini bisa kita obati dengan mengatur pola makan. Ayu – Foto: Dok. FeminaGroup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar