Pages

Minggu, 17 November 2013

Memanfaatkan Sosial Media Untuk Karir

Kemajuan teknologi semakin memudahkan manusia untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan keberadaan jejaring sosial yang mempermudah orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk berinteraksi. Tidak hanya berfungsi sebagai media eksistensi pribadi semata, jejaring sosial kini juga dimanfaatkan untuk kebutuhan informasi, bisnis, dan bahkan pekerjaan.

Misalnya saja, media sosial dapat digunakan sebagai sarana promosi bagi bisnis anda. Anda bisa mulai memasarkan produk melalu facebook, twitter, maupun instagram. Anda juga bisa berinteraksi dengan para pembeli melalui akun tersebut, misalnya saat menerima atau mengirim pesanan. Anda juga dapat mengupdate pelanggan-pelanggan Anda jika ada produk-produk terbaru yang Anda keluarkan.
Keberadaan sosial media ini juga sangat bermanfaat bagi Anda yang tengah mencari pekerjaan. Pasalnya, banyak fans page yang sengaja dibuat sebagai portal lowongan pekerjaan yang tentunya akan sangat bermanfaat. Ada pula perusahaan-perusahaan yang mencari calon-calon karyawan melalui fans page lowongan kerja tersebut.
Agar tidak melakukan kesalahan dalam penggunaan sosial media, berikut akan dipaparkan tentang tips menggunakan jejaring sosial untuk meraih dan meningkatkan karir Anda, diantaranya:

1. Membuat profil yang baikSelalu ada kemungkinan bahwa profil Anda akan dilihat oleh para professional. Jadi, usahakan untuk mengisi profil pada jejaring sosial Anda dengan data pribadi yang benar, sesuai, dan penggunaan bahasa yang baik.
Biasakan untuk mengekspresikan pribadi yang baik dan hindarilah mengumbar kekurangan-kekurangan Anda. Pasalnya, hal tersebut bisa merusak citra diri Anda sendiri. Yang terpenting, gunakan foto yang memang merepresentasikan diri anda, jangan menggunakan foto artis idola atau bahkan tokoh kartun.

2. Carilah rekan dengan kegemaran yang sama
Tuliskan data-data yang sebenarnya sesuai dengan kepribadian baik Anda. Isilah kolom kegemaran dengan hal-hal yang memang Anda sukai. Cari tahu siapa saja yang mungkin memiliki kegemaran yang sama dengan Anda.
Usahakan untuk mendapatkan kontak atau alamat email mereka sehingga akan memudahkan Anda untuk bertukar informasi dan berkomunikasi. Usahakan untuk menjalin komunikasi yang baik sehingga ketika ada informasi atau lowongan yang sesuai keinginan Anda, maka akan disampaikan kepada Anda.

3. Bergabunglah dengan akun situs penyedia kerja
Beberapa situs penyedia kerja sudah banyak bermunculan. Situs-situs tersebut biasanya menyediakan informasi seputar lowongan pekerjaan. Dalam akun jejaring sosial biasanya situs-situs tersebut hanya memuat link menuju homepage situs yang sebenarnya. Jadi, jangan pernah malas untuk membuka link tersebut. Cara praktis agar mempermudah proses melamar kerja yaitu dengan bergabung dan membuat resume pada situs penyedia kerja tersebut.

4. Lakukan aktivitas seperlunya
Ketika berhadapan dengan jejaring sosial sebaiknya nada bisa bersikap bijaksana. Jangan terlalu berlebihan ketika menggunakan media yang satu ini. Misalnya saja, terlalu sering mengupdate status, mengupload foto pribadi, atau melakukan aktivitas-aktivitas lainnya.
Pasalnya, hal tersebut tentu memberikan kesan negative bagi diri anda. Sebagain akan menilai bahwa Anda adalah orang yang kurang kerjaan. Terlebih, jika apa yang Anda bagikan kepada teman-teman di jejaring sosial bukanlah hal-hal yang bermanfaat.

5. Sembunyikan profil yang sangat pribadi
Ada beberapa hal yang mungkin tidak perlu dilihat dan dibagikan kepada teman-teman yang tidak atau kurang Anda kenal. Misalnya, foto-foto pribadi atau obrolan yang sifatnya pribadi.
Selain membuat orang-orang dengan mudah menilai kepribadian Anda, hal-hal tersebut juga tidak pantas untuk dikonsumsi banyak orang. Perlu diketahui bahwa perusahaan akan memperhatikan hal-hal detail tersebut.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/memanfaatkan-sosial-media-untuk-karir#sthash.4ArejpaI.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar