Pages

Senin, 18 November 2013

Jerry Yang, Si Pendiri Yahoo!

Jerry Yang, Si Pendiri Yahoo! Gadis


Siapa yang nggak kenal laman Yahoo!. Tampaknya, banyak orang yang menggunakan website tersebut untuk akun email-nya atau chat dengan teman di beberapa daerah. Tahu nggak siapa yang membuat situs tersebut? 
Yuk, kenalan dengan Jerry Yang! Jerry kecil lahir Taipei, Taiwan pada 6 November 1968 dengan nama Yang Chih-Yuan. Ketika berusia 10 tahun, ia pindah ke California, Amerika Serikat dan menetap di sana. Kepandaian Jerry sudah tampak sejak disekolah dasar. Walau baru pindah ke negara tersebut, Ia masuk ke kelas Advanced Placement Program (AP) karena dianggap bisa menguasai bahasa Inggris dalam waktu singkat.

Pada tahun 1990, dia masuk jurusan elektrik Universitas Stanford. Dalam waktu empat tahun, ia meraih gelar Sarjana Muda dan Master secara bersamaan. Saat mengejar gelar doktor, ide Yahoo! muncul. Ketika itu, Jerry bertemu dengan seorang teman kuliah yang unik bernama David Filo. Bersama sahabatnya itu, ia membuat laman internet yang berisi tautan ke laman website lain. Tujuannya sih, untuk mempermudah pencarian kata kunci di dunia maya.

Awalnya, nama web tersebut Jerry's Guide to the World Wide Web. Namun, Jerry memutuskan ganti namanya menjadi Yet Another Hierarchical Officious Oracle, disingkat Yahoo. Pertama-tama situs itu hanya bisa digunakan Jerry, David, dan beberapa teman dekat. Beberapa tahun kemudai situs ini mulai banyak diakses. Akhirnya, keduanya memutuskan untuk menjadikan laman ini sebagai bisnis dan menyediakan pembuatan email gratis.

Pada tahun 1995, Jerry dan David mendirikan Inc Yahoo!. Gara-gara bisnis dunia mayanya ini, Jerry masuk dalam deretan nama miliuner versi majalah Forbes. Kekayaannya diperkirakan mencapai 2,3 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp23 triliun pada 2008. Saat ini, ia masih menjabat sebagai Chief Yahoo. Ayu – Foto: Sipa Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar