Pages

Senin, 18 November 2013

Tips Mencuci Sayur dan Buah

Mengkonsumsi sayur dan buah sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, terutama perempuan. Kandungan vitamin dan mineral yang beragam pada sayur dan buah tidak dapat tergantikan dengan produk makanan yang lain. Namun perlu diwaspadai, kebanyakan petani sekarang banyak menggunakan pestisida pada sayur dan buah untuk membasmi hama. 
Bukan hanya untuk hama saja, pestisida ini juga tidak baik bagi tubuh manusia apabila terlalu banyak terakumulasi, karena pestisida bersifat karsinogenik, yaitu mampu membentuk sel-sel kanker seperti kanker rahim yang sering dialami perempuan. 
Bagi para perempuan yang hobi memasak, ada beberapa tips mencuci sayur dan buah yang bisa digunakan untuk mengurangi jumlah pestisida pada sayuran.

Cucilah Sayur dan Buah dengan Air Bersih yang Mengalir
Kebanyakan pestisida menempel pada permukaan sayur dan buah. Mencuci sayur dan buah dengan air bersih yang mengalir dapat mengurangi jumlah pestisida yang menempel hingga 70%.
Cucilah hingga bagian-bagian yang tersembunyi, seperti yang banyak terdapat pada brokoli serta kubis secara merata. Air mengalir digunakan agar pestisida yang tersapu langsung hilang terbawa air. Apabila menggunakan air yang tergenang, maka ada kemungkinan pestisida kembali menempel.

Mencuci buah dan sayur juga bisa dilakukan dengan menambahkan sabun cuci yang bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur. Harus diperhatikan bahwa sabun yang digunakan harus food grade.

Kupaslah Kulit Luar/Lapisan Luar Dari Sayur dan Buah
Pestisida yang menempel pada permukaan sayur dan buah juga bisa dihilangkan dengan mengupas kulit terluarnya. Cara ini lebih efektif dibandingkan dengan mencucinya dengan air mengalir, namun tidak semua buah dan sayur bisa dikupas, seperti pada sayur bayam dan kangkung. Pengupasan juga bisa menurunkan beberapa kandungan gizinya, karena beberapa buah justru memiliki kandungan tertinggi pada kulit, misalkan kulit apel yang mempunyai vitamin C lebih tinggi dibanding buahnya.

Rebuslah Buah Maupun Sayur Anda
Perebusan juga bisa menghilangkan kandungan pestisida pada sayur maupun buah. Namun perebusan mengakibatkan perubahan rasa, bentuk maupun warna yang seringkali membuat buah maupun sayuran menjadi tidak menarik. Pemanasan yang dilakukan pada saat perebusan juga dapat mengurangi kandungan gizi buah dan sayur.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/tips-mencuci-sayur-dan-buah#sthash.CnWYwtgj.dpuf

2 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi peralatan memasak yang sehat juga sama pentingnya.

    BalasHapus