Pages

Senin, 18 November 2013

Penyakit Kulit Gatal

Penyakit Kulit Gatal Gadis


Seringkali kita mengeluh, saat tubuh terasa gatal. Makin gatal, kita makin keras menggaruknya. Sebelum membuat kulit lecet dan iritasi. Kenali lebih dulu, tentang jenis-jenis penyakit kulit berikut ini. Karena beberapa gejala kulit gatal, butuh penanganan yang berbeda.     

Herpes 
Penyakit Herpes muncul karena adanya virus varicella-zoster. Awalnya, kulit akan ruam (berwarna kemerahan), lalu mulai melepuh dan kulit terasa seperti terbakar. Biasanya rasa sakit ini akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu.

Herpes bisa menular. Misalnya saat kita bersentuhan atau nggak sengaja memegang luka herpes tersebut. Jadi segera hubungi dokter untuk penanganannya. Penyakit ini bisa dicegah dengan cara mencuci tangan dengan sabun atau air hangat setelah beraktivitas.

Eksim
Eksim timbul karena adanya infeksi pada kulit yang disebabkan oleh jamur. Kulit akan meradang, memerah, kering lalu akan terasa gatal dan panas. Suhu yang ekstrem seperti cuaca yang terlalu dingin atau lembab bisa membuat rasa gatal ini menyiksa.

Untuk eksim basah, biasanya kulit akan melepuh, berwarna merah dan mulai tumbuh nanah. Sedangkan eksim kering, kulit mulai bersisik dan memerah. Biasanya eksim menyerang tangan dan kaki.

Hives
Nama lainnya yaitu urtikaria atau yang lebih dikenal dengan istilah biduran. Gejala awal penyakit ini, biasanya ditandai dengan bentol-bentol di permukaan kulit disertai rasa gatal. Bentol-bentol ini biasanya tumbuh dengan berbagai ukuran. Parahnya, penyakit ini juga bisa disertai batuk, sesak napas, mata bengkak dan merah, serta suhu tubuh memanas.

Penyakit kulit ini muncul karena reaksi alergi yang membuat kulit terasa gatal dan terbakar. Sehingga kita akan terus menggaruknya. Penyebabnya yaitu udara dingin dan panas yang menyerang kulit. Bisa juga karena alergi obat-obatan tertentu, makanan, atau suhu yang terlalu ekstrem sehingga muncul bintik-bintik di kulit. Penyebab lainnya yaitu karena faktor stress atau sering merasa cemas. Dewianataria – Foto: Fotosearch

Tidak ada komentar:

Posting Komentar