Pages

Minggu, 17 November 2013

Tips Membersihkan Lumut

Tinggal menetap di negara yang bercurah hujan cukup tinggi seperti Indonesia, sangat akrab dengan kondisi lingkungan yang lembab. Kondisi seperti itu menjadi surga bagi pertumbuhan lumut. 
Perkembangannya bisa dilihat pada lantai semen, dinding, atap genting, pipa, dan perkakas kayu.Sesuai dengan sifatnya sebagai parasit, selain merusak pandangan mata, kehadiran lumut juga akan merusak bahan material itu sendiri.
Lantai yang ditumbuhi lumut menjadi licin, sehingga berbahaya untuk dilewati. Bukan hanya itu, bagi perempuan, kehadiran lumut juga sangat dihindari karena cara membersihkannya yang cukup sulit.

Agar pertumbuhan lumut bisa diminimalkan, maka Anda bisa melakukan beberapa tindakan berikut.

Bersihkan dengan Sabun
Sabun yang digunakan adalah sabun khusus untuk membersihkan bahan bangunan dari lumut. Cara penggunaannya dengan melarutkan sabun pada air hangat dan mengusapnya pada batu yang ditumbuhi lumut. Lalu usaplah menggunakan spons. Namun, untuk bagian yang ditumbuhi lumut cukup lebat, biarkan sabun melekat selama 20 menit sebelum dibilas.

Bersihkan dengan Air Asam
Jika Anda kesulitan untuk menemukan sabun khusus di atas, air asam atau cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan lumut. Caranya sederhana, yaitu dengan meneteskan cuka secukupnya pada handuk kecil atau kain sisa. Kemudian gosok handuk yang telah ditetesi cuka tersebut ke bagian yang ditumbuhi lumut.

Bersihkan dengan Larutan Garam
Selain cuka, bisa menggunakan garam, yang paling familiar dengan dunia dapur dan perempuan. Caranya rebus dua liter air yang dicampur dengan tiga sendok makan garam. Setelah mendidih, siram sebagian larutan garam itu ke bagian yang ditumbuhi lumut. Kemudian gosok dengan sikat, setelah lumut bersih, siram kembali dengan sisa larutan garam.

Gosok dengan Sikat
Untuk menggosok lumut, Anda sebaiknya melihat dulu bahan apa yang ditumbuhinya. Jika lumut tumbuh pada kayu, gunakan sikat yang berbulu lembut untuk membersihkannya. Agar kayu terhindar dari bekas goresan sikat. Namun jika lumut tumbuh di tembok atau semen, Anda bisa menggosok menggunakan sikat dengan bulu yang lebih keras.

Bilas dengan Selang
Setelah lumut selesai dibersihkan, bilas hingga bersih dengan air yang mengalir. Anda bisa menggunaan selang, sehingga pembilasan bisa maksimal. Saat membersihkan lumut, sebaiknya tidak di pagi, sore, malam hari, atau saat sedang mendung karena terik matahari akan memudahkan proses pengeringan dengan maksimal.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/tips-membersihkan-lumut#sthash.ojbBSQuL.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar