Pages

Jumat, 11 Oktober 2013

Tips mengatasi sakit Tenggorokan

Pernah sakit tenggorokan? Pasti pernah bukan ! Siapapun baik anak-anak maupun dewasa pasti pernah mengalami yang namanya sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan memang sangat menggangu, karena rasa sakit tersebut menyebabkan kita susah untuk menelan makanan , sulit bicara bahkan kehilangan suara.
Penyakit yang menyebabkan gangguan menelan ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, iritasi pada membran mucus tenggorokan akibat debu, asap, pasta gigi atau infeksi gusi, batuk kronis, serta berbicara keras untuk jangka waktu yang lama. Jangan biarkan rasa sakit berlarut-larut, berikut beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba:
  1. Meminum campuran air perasan jeruk nipis atau lemonyang diberi sedikit madu dan pautan jahe
  2. Berkumur dengan jus lidah buaya
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Oleskan Minyak Kelapa : Minyak kelapa merupakan antimikroba alami. Minyak ini bisa membunuh semua jenis organisme patogen jika dikonsumsi atau dioleskan ke tubuh. Hangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa kemudian pijatkan ke tubuh sekali atau dua kali sehari. Selain itu, bisa juga digunakan saat memasak. Minyak kelapa merupakan sumber energi bagi tubuh.
  5. Hindari gula dan semua makanan olahan karena Gula akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memperparah penyakit. Karena itu, ada baiknya dihindari. Makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, lemak trans, bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan juga mempunyai dampak yang sama
  6. Kurangi kena angin malam
  7. Biasakan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin 
    A dan Betakaroten
  8. Perbanyaak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Selain untuk mengobati sakit tenggorokan, vitamin C juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh tehadap serangan flu dan batuk.
  9. Dan yang terakhir istiahatlah yang cukup
Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar