Pages

Jumat, 11 Oktober 2013

Membuat Dapur Yang Ramah Lingkungan

Dapur adalah pusat kegiatan di rumah. Dapur merupakan tempat tersediannya makanan sehingga semua anggota keluarga pastilah memerlukan dapur. Tak jarang, dapur menjadi tempat berkumpul seluruh anggota keluarga.

Bicara soal dapur, sekarang ini tengah digalakkan gerakan dapur yang ramah lingkungan. Maksudnya, dari dapur ini Anda bisa berperan serta untuk mulai menyelamatkan bumi dan berbagai ekosistem di dalamnya. Selain itu, Anda dapat pula memulai gerakan menghemat keuangan Anda. Berikut adalah beberapa tips mempunyai dapur yang ramah lingkungan.

1. Penggunaan dishwasher
Penggunaan dishwasher mungkin masih sangat jarang di Indonesia. Namun, peralatan yang satu ini terbilang cukup efektif dan efisien untuk digunakan. Maka, untuk dapur yang ramah lingkungan, akan lebih disarankan untuk menggunakan dishwasher.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan dishwasher misalnya, mencuci piring sekaligus dalam jumlah banyak. Hal ini selain akan menghemat air, dan sabuk, juga menghemat waktu Anda di dapur.

2. Pemilihan lemari es
Pastikan memilih produk lemari es yang hemat energi. Pastikan pula bahwa Anda telah membaca buku petunjuk penggunaan dengan seksama. Jangan sampai penggunaan lemari es justru boros energi akibat temperatur yang disetel terlalu rendah.

Pastikan pula untuk secara teratur membersihkan lemari es Anda, agar dapat menyimpan makanan dengan awet dan tetap segar.

3. Pilih peralatan memasak
Beberapa kasus menyebutkan bahwa alat-alat masak anti lengket yang terbuat dari teflon justru mengindikasikan kemungkinan peningkatan kolesterol dan kanker. Akan lebih baik jika Anda memilih produk anti lengket yang terbuat dari aluminium. Selain, punya panas yang merata, produk aluminium lebih baik dalam menyebarkan rasa, dan tentunya aman bagi kesehatan.

4. Gaya hidup
Selain memperhatikan alat-alat di dalam dapur yang ramah lingkungan, Anda juga harus memperhatikan penggunaan produk-produk alami. Misalnya saja, penggunaan baking soda dan cuka sebagai pembersih alami. Pasalnya, pembersih ini tidak mengandung bahan kimia yang mungkin akan merusak lingkungan.
Pastikan pula untuk mengatur pencahayaan alami di dapur Anda, sehingga Anda dapat menghemat energi. (tm/jun)
- See more at: http://www.perempuan.com/read/membuat-dapur-yang-ramah-lingkungan#sthash.iuENE2IQ.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar