Pages

Sabtu, 12 Oktober 2013

Rekan Kerja yang Emosional

Hidup didunia kerja memanglah dituntut untuk ekstra hati-hati dalam bergaul. Terkadang dalam dunia kerja, Anda akan menemukan rekan kerja yang belum pernah Anda kena sebelumnya. Sehingga Anda harus benar-benar mengenal rekan kerja Anda tersebut.
Banyak yang menemukan bahwa  rekan kerja mereka sangat emosional dan menjengkelkan. Namun apakah Anda akan menjauhinya atau akan ikutan ikut terpancing emosinya? Hal tersebut akan merugikan Anda. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi teman kerja yang emosional:
1. Kendalikan emosi
Apa yang harus Anda lakukan jika rekan kerja anda emosioal yang pertama adalah kendalikan emosi Anda. Jangan ikut-ikutan emosi jika rekan kerja Anda emosional.
Bersabarlah dihadapannya. Jika Anda mau, ajaklah rekan Anda itu ke café atau ke kantin meskipun hanya sekedar untuk bercerita atau mendinginkan suasana Anda. Jika Anda dan rekan ada terlibat masalah, usahakan untuk menyelesaikannya dengan kepala dingin.

2. Pelajari kelakuannya
Tak kenal maka tak sayang. Hal tersebut juga bisa terjadi pada Anda dan rekan kerja Anda. Mungkin saja Anda dan rekan kerja  kurang saling mengenal dengan baik, maka Anda masih merasa bingung kenapa sikapnya terlalu emosional. Kenalilah sikap rekan kerja lebih dalam. Terkadang sikap emosional rekan kerja hanya terlihat dari luar saja, Anda akan menemukan sisi baiknya jika Anda mengenalnya lebih dekat.

3. Pendapat teman kerja lain
Tanyakan pada teman kerja lainnya. Apakah si dia memang seperti itu setiap hari atau hanya terhadap Anda saja. Jika rekan kerja Anda lainnya berkata bahwa memang sikapnya seperti itu, berarti tidak bermasalah dengan Anda. Namun jika rekan kerja Anda bilang bahwa dia tidak pernah bersikap seperti sebelumnya, tentu ada sesuatu yang dipermasalahkan. Ajaklah si dia berbicara apakah dia bermasalah dengan Anda atau tidak.

4. Jangan terpengaruh
Jangan terpengaruh dengan sikap emosional rekan kerja Anda. Jangan karena sikap rekan kerja, Anda menjadi tidak professional dalam bekerja. Jauhilah rekan kerja Anda jika merasa tidak nyaman.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/rekan-kerja-yang-emosional#sthash.ONiio9qq.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar