Pages

Jumat, 11 Oktober 2013

Leher Kaku, Waspadai Meningitis

Anda pernah merasakan leher kaku? Bagi sebagian orang hal itu sering dialami dan sering dianggap hanya masalah biasa saja. Leher kaku terjadi bisa jadi karena kecapekan dalam bekerja ataupun salah dalam posisi tidur.
Gejala-gejala kecil yang terjadi di dalam tubuh kita seharusnya kita waspadai. Karena bisa saja gejala tersebut menrujuk pada usatu penyakit tanpa kita ketahui.
Salah satunya yang sering dianggap remeh yakni leher kaku, padahal Anda perlu mewaspadainya karena bisa saja mengakibatkan penyakit meningitis. Meningitis adalah suatu penyakit yang berakibat fatal karena dapat menyebabkan gangguan otak dan kelumpuhan. Rasa kaku pada belakang leher menyebabkan leher menjadi pegal dan membuatnya tidak bisa digerakkan.

Rasa kaku tersebut disebabkan oleh serangan kuman meningitis ke daerah selaput dan korda spinalis yang merupakan sistem saraf pusat. Atau bisa saja itu karena infeksi bakteri dan virus penyebab meningitis.
Masa inkubasi virus meningitis adalah 2 sampai 10 hari, akan tetapi jika daya imun tubuh lemah akan membuat virus meingitis bergerak lebih cepat.

Jadi, Anda harus mewaspadai jika lehar Anda terasa kaku dan nerasa sulit untuk digerakkan. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit meningitis selain rasa kaku pada leher adalah mual, muntah, dan demam tinggi mendadak.
Penyakit meningitis merupakan penyakit yang menular. Penyakit itu dapat menular melalui udara yakni pada saat batuk. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai gejala meningitis yang terjadi pada diri Anda.

Gejala yang ditimbulkan biasanya dimulai dari rasa kaku pada leher kemudian diikuti dengan gejala yang lainnya. Gejala lain yang timbul adalah sakit kepala dan mata sensitif terhadap cahaya, badan panas atau demam, atau kehilangan kesadaran.
Gejala penyakit meningitis berbeda bagi setiap orang terutama orang dewasa dengan anak-anak. Anak-anak biasanya disertai dengan nafsu makan yang berkurang juga menangis menjerit-jerit.

Frekuensi serangan pada leher biasanya berubah-ubah. Rasa kaku yang menyerang leher sedikit demi sedikit akan terasa menyakitkan, sehingga akan membuat leher sulit untuk digerakkan.
Bagi penderita, ia akan merasakan leher sulit digerakkan terlebih lagi untuk tengadah, leher hanya bisa lurus saja tanpa bisa digerakkan ke atas atau ke samping.
Apabila rasa sakit pada leher dirasakan sangat menyakitkan, itu berarti bahwa Anda terkena meningitis dan penyakit tersebut menyerang lebih masif.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena ia menyerang bagian tubuh yang berdekatan dengan otak. Terlebih lagi bahaya yang mengincar juga cukup berbahaya yakni dapat menyebabkan kerusakan pikiran bahkan hingga kematian.
Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, sehingga penangannya harus berjalan lebih cepat untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dalam hal ini, penderita tidak perlu dirawat di rumah sakit.
Mereka hanya perlu untuk istirahat yang cukup dan memperbanyak minum cairan juga obat-obatan yang bisa meredakan rasa sakit kepala dan demam.

Jika rasa kaku pada leher yang dirasakan melebihi dari biasanya, Anda patut untuk waspada. Ada baiknya Anda melakukan pencegahan penyakit meningitis, seperti membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah memegang sesuatu.
Selain itu, Anda juga harus membiasakan menutup mulut pada saat batuk. Jangan lupa untuk menghindari berbagi makanan atau minuman dengan orang lain. Karena kita tidak tahu kapan virus akan menular. Sehingga, lebih baik bagi kita untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu. (yn/jun)
- See more at: http://www.perempuan.com/read/leher-kaku-waspadai-meningitis#sthash.otvHVSdv.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar