Pages

Jumat, 11 Oktober 2013

Agar Undangan Lebih Bermanfaat

Melangsungkan pernikahan merupakan sesuatu yang membahagiakan. Untuk itu, kita merasa bahwa menyebarkan kebahagiaan dengan orang lain merupakan suatu yang perlu dan harus dilaksanakan. Untuk itulah, kita selalau mengundang orang-orang jika kita melakukan akad nikah dan resepsi pernikahan.

Pada zaman dahulu, undangan dilakukan secara lisan, yakni menyebar dari mulut ke mulut. Pertama-tama, undangan diberitahukan kepada sanak keluarga.
Sanak keluarga inilah yang akan menyebarkan kabar pernikahan tersebut kepada orang lain. Cara ini dipandang sebagai cara yang lebih intim dan dapat meningkatkan persaudaraan antara pihak yang melangsungkan pernikahan dengan yang diundang.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan sempitnya waktu luang, maka orang-orang yang diundang harus diberitahu jauh-jauh hari sebelum terjadinya akad nikah dan resepsi pernikahan. Maka, undangan tertulis merupakan salah satu solusi praktis yang mampu mengatasi masalah tersebut.
Maka, maraklah undangan undangan yang dibuat secara tertulis. Keuntungan undangan tertulis lainnya adalah kita akan mampu mengundang orang yang lebih banyak daripada yang dapat dilakukan dengan undangan verbal.

Dengan semakin maraknya undangan tertulis, maka nilai dan esensi yang terkandung pun lama-kelamaan bergeser. Kini, undangan tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk menginformasikan sesuatu, namun juga menjadi sebuah karya seni.
Sekarang ini banyak kita temui undangan undangan yang diberi hiasan dan hadir dalam format yang tidak biasa, seperti buku atau kaleng. Mungkin pada awalanya, undangan dekoratif bertujuan untuk memberikan sentuhan yang agak menarik supaya tidak terlalu sederhana.

Namun, sekarang ini hiasan dalam undangan seringkali terlihat berlebihan. Sekarang ini, undangan pun juga bisa menjadi penanda status sosial seseorang.
Semakin mewah undangan seseorang, semakin prestise dia di mata masyarakat. Padahal, semua undangan pun akan berumur singkat. Setelah dibaca oleh yang diundang, undangan-undangan tersebut akan dibuang ke tempat sampah. Bukankah hal tersebut menjadi sia-sia?

Sebenarnya, ada hal lain yang dapat menghindarkan kita dari memilih undangan yang tidak bermanfaat. Caranya adalah dengan memberikan tambahan manfaat pada undangan yang kita buat. Kita bisa menambahkan kalender pada undangan kita.
Dengan adanya penambahan kalender pada undangan, maka undangan dapat digunakan untuk hal lain, seperti penanda hari layaknya kalender-kalender pada umumnya.

Selain itu, bisa juga dengan membuat undangan ke dalam bentuk benda-benda yang fungsional, misalnya gelas, kaleng, kipas kertas, tempat tisu dan masih banyak lagi. Undangan yang dituliskan pada gelas misalnya, akan menjadi bermanfaat hingga waktu yang lama. Bahkan undangan tersebut bisa menjadi kenang-kenangan tersendiri bagi siapapun yang menerimanya.

Salah satu yang menarik, undangan yang di aplikasikan pada gelas, tempat tisu atau benda-benda lain justru bisa dijadikan sebagai souvenir. Jadi, Anda bisa menghemat biaya karena undangan dan souvenir sudah menjadi satu bagian. (vt/jun)
- See more at: http://www.perempuan.com/read/agar-undangan-lebih-bermanfaat#sthash.SrNsgI6W.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar