Pages

Sabtu, 12 Oktober 2013

Menilai Kepuasan Diri Pada Karir

Membahas tentang penilaian terhadap kepuasan karir memang tidak ada habisnya. Hampir tidak ada seorangpun yang mampu menilai kepuasan karir seseorang selain diri mereka sendiri.
Hal ini disebabkan karena persoalan ini bersifat sangat individu. Kebanyakan orang merasa bingung ketika ditanyai tentang hal tersebut.
Banyak orang yang mempunyai karir cemerlang dan bagus namun mereka masih merasa tidak puas dengan hasil yang telah dicapai.
Banyak faktor yang terlibat dalam kepuasan kerja, yaitu kemajuan, pengakuan, tanggung jawab, perkembangan karir dan pekerjaan itu sendiri. Menurut Robbins,  terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi kepuasan kerja:
1. Menarik ada tidaknya pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja
Dalam hal ini, Anda akan cenderung menyukai pekerjaan yang memberi kesempatan kepada Anda untuk menunjukkan ketrampilan dan kemampuan Anda.
Semakin banyak tantangan, seharusnya Anda semakin merasa puas apabila dapat menyelesaikannya dengan baik. Namun keadaan yang lebih banyak disukai para pekerja adalah menyelesaikan pekerjaan yang kurang menantang dan merasa sres atau frustasi ketika mengerjakan pekerjaan yang penuh dengan tantangan yang menguji ketrampilan mereka. 
2 . Kompensasi yang diterima dan kesempatan
Anda pasti menginginkan kompensasi atau pekerjaan yang sudah Anda lakukan, biasanya berupa gaji atau upah yang seharusnya diterima. Sedangkan promosi merupakan kebijakan dari tempat Anda bekerja. Biasanya, apabila kinerja kerja Anda baik, atsan Anda akan memberikan promosi untuk naik jabatan. Promosi atau bonus ini akan membuat Anda bekerja lebih baik, mengembangkan potensi diri juga memberikan tanggung jawab lebih sehingga Anda akan bekerja lebih baik lagi.
3. Dukungan rekan kerja
Dalam bekerja, Anda tidak hanya berorientasi untuk mencari nafkah, tetapi juga bertujuan untuk berinteraksi sosial dengan rekan sekerja Anda ataupun atasan Anda.
Hubungan yang baik dengan rekan kerja atau atasan akan menimbulkan perasaan puas. Hubungan baik tersebut antara lain, rekan kerja yang ramah, memiliki toleransi yang tinggi dan kompak dalam mengerjakan pekerjaan. (*)
- See more at: http://www.perempuan.com/read/menilai-kepuasan-diri-pada-karir#sthash.yhMr64pl.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar