Pages

Sabtu, 12 Oktober 2013

Cara Agar Lebih Bahagia saat Berada di Kantor

Kantor seringkali menjadi tempat yang mengerikan bagi Anda. Dan ternyata, hampir sebagian orang mengalami masalah yang sama.

Pasalnya, pekerjaan yang berat dan berbagai tugas yang menanti membuat Anda enggan untuk bangun pagi dan melangkah pergi bekerja. Seakan setiap hari Anda merasa lebih baik untuk terjun ke jurang daripada harus berangkat ke kantor.

Padahal, kantor juga bisa jadi tempat yang menyengkan dan membahagiakan bagi Anda. Meskipun dengan pekerjaan yang banyak, Anda tetap bisa bahagia berada di kantor.
Nah, berikut ini akan diuraiakan beberapa tips yang bisa membuat Anda lebih bahagia saat bekerja dan berada di kantor, diantaranya:

1. Fokus pada pekerjaan
Saat di kantor adalah saat bekerja, maka fokuslah pada satu hal saja, yaitu pekerjaan Anda. Jangan sekali-kali membawa masalah pribadi atau masalah rumah ke kantor, misalnya dengan bercerita kepada teman-teman kantor Anda. Hal ini justru tidak akan membantu meringankan masalah, namun mengakibatkan timbulny masalah baru. 
Jika Anda merasa sudah sangat depresi, maka tenangkan diri di dalam ruangan Anda sendiri. Cobalah berpikir jernih dan mengendalikan diri Anda. Setelah tenang, janganlah bermalas-malasan dan kembalilah pada pekerjaan Anda.

2. Jalin pertemanan yang mendukung kinerja Anda
Tak bisa dipungkiri bahwa faktor lingkungan, baik itu atasan, bawahan, maupun teman seangkatan atau satu divisi adalah yang paling berpengaruh pada mood kerja Anda. Maka, berusahalah untuk menjadi pribadi yang menyenangkan di lingkungan kantor. 
Dengan begitu banyak orang akan menyukai kepribadian Anda. Sehingga, dengan sendirinya akan tercipta suasana peretemanan yang akrab dan rukun. Hal ini otomatis akan berdampak baik bagi mood dan kinerja Anda di kantor tersebut.

3. Makan sehat dan perbanyak minum air putih
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesehatan atau kondisi tubuh yang prima adalah faktor penentu pekerjaan Anda.
Jika Anda memiliki tubuh yang sehat dan bugar maka pekerjaan pun dapat diselesaikan dengan baik. Berbeda jika ternyata tubuh Anda sering sakit-sakitan, lemas, atau mudah lelah. Tentu, pekerjaan tidak akan bisa selesai secara maksimal dan tepat waktu.

Nah, salah satu kunci untuk tubuh yang sehat dan bugar adalah konsumsi makanan yang tepat. Perhatikan jumlah kalori dan kandungan gizi pada makanan yang Anda konsumsi. Hindarilah makanan-makanan instan, berlemak, dan bersantan, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.
Terlebih, pastikan tubuh mengkonsumsi cairan yang cukup, khususnya air putih. Minimal Anda harus mengkonsumsi satu setengah hingga dua liter air perhari demi kondisi tubuh yang fit.

4. Atur pekerjaan Anda
Untuk dapat bahagia di kantor sekalipun sedang bekerja, Anda perlu  pintar-pintar mengatur pekrjaan Anda. Buatlah jadwal atau jurnal yang memuat macam pekerjaan serta dateline pekerjaan Anda.
Sesekali buka catatan Anda tersebut agar Anda tidak melupakan satu pekerjaan pun. Pintar-pintarlah pula mengatur jam makan dan jam istirahat Anda agar kehidupan kerja Anda tetap teratur.

5. Banyak-banyaklah bergerak
Sekalipun Anda dituntut bekerja ekstra sehingga tidak punya waktu untuk berolahraga, Anda tetap dapat bergerak dan berolahraga sekalipun sedang di kantor.
Caranya, dengan aktif bergerak saat di kantor, seperti naik dan turun tangga, atau berjalan ke toilet, ke pantry, atau ke runagan atasan Anda. Sekalipun simpel, cara-cara tersebut memang efektif untuk membuat tubuh Anda tetap bergerak selayaknya sedang berolahraga.

6. Berpikir positif
Untuk bisa mendapatkan kebahagiaan di kantor atau saat bekerja, Anda harus selalu berusaha berpikir positif dalam segala hal. Misalnya ketika berhubungan dengan teman sekantor atau client, maka sifat positif harus selalu Anda tunjukkan. Pasalnya, berpikir negatif hanya kan membuat Anda semakin lelah dalam menjalani hidup. (bil)
- See more at: http://www.perempuan.com/read/cara-agar-lebih-bahagia-saat-berada-di-kantor#sthash.K1061cYE.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar