Pages

Senin, 27 Januari 2014

Yang Perlu Diperhatikan saat Presentasi

Setiap perusahaan dimana Anda bekerja, pasti selalu membutuhkan presentasi. Presentasi tersebut dapat memberikan penjelasan secara rinci dan akurat. Sehingga, banyak pegawai yang lebih memilih untuk menampilkannya menjadi presentasi. Presentasi yang dilakukan pun lebih komplit, karena di dalamnya Anda dapat menyelipkan berupa gambar, video, dan sebagainya. Dari segi tampilan pun dapat Anda buat semenarik mungkin.

Presentasi dapat berjalan sukses, jika Anda mengemasnya dengan unik dan kreatif. Presentasi itu membutuhkan sesuatu yang tidak monoton. Jadi, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini pada saat presentasi, yakni :

Waktu
Perhatikan waktu yang diberikan untuk Anda ketika melakukan presentasi. Karena waktu akan sangat berpengaruh pada saat Anda memberikan hasil presentasi Anda. Dengan mengetahui berapa banyak waktu yang diberikan, Anda dapat mengira-ngira seberapa lama Anda memberikan penjelasan untuk setiap bahan. Jadi, Anda akan dapat menghindari pembicaraan yang dirasa tidak penting. Hal itu akan membuat Anda langsung menuju ke topik yang dibicarakan. Yang pada akhirnya, presentasi Anda dapat selesai sesuai dengan waktu yang diberikan.

Tulisan Harus Jelas
Terkadang ada banyak orang yang melupakan hal ini. Untuk dapat membuat slide presentasi semenarik mungkin, mereka membuat warna slide dan background dengan warna yang cerah. Warna cerah tersebut boleh-boleh saja untuk dilakukan. Asalkan, warna tersebut harus sesuai, sehingga para penonton dapat melihatnya secara jelas. Tulisan yang ada di slide presentasi harus jelas ketika dibaca. Hal itu akan memudahkan baik bagi Anda maupun bagi penonton. Anda akan dapat menjelaskan dengan lancar dan penonton pun dapat mengikuti penjelasan Anda dengan baik.

Kata-Kata yang Digunakan
Agar presentasi berjalan dengan lancar, sebaiknya Anda mengenal lebih jauh target penonton Anda. Karena hal tersebut akan mempengaruhi pada kata-kata atau kalimat yang akan digunakan. Jika memang berada di tengah-tengah kalangan intelektual, Anda dapat menggunakan kata-kata yang sesuai seperti kata-kata yang resmi.
Berbeda halnya jika Anda harus melakukan presentasi di depan ibu-ibu rumah tangga. Anda harus menggunakan kata-kata yang pas agar mereka paham dengan apa yang dibicarakan.

Nada Suara
Suara yang dikeluarkan juga harus Anda perhatikan apakah suara tersebut sudah keras atau terlalu keras. Yakinkan bahwa suara Anda dapat didengar dengan jelas oleh penonton. Jangan lupa juga untuk mengatur tempo suara Anda. Dengan mengaturnya, suara Anda dapat diikuti oleh para penonton.
Sehingga, membuat apa yang Anda sampaikan akan dapat diterima oleh para penonton. Yang terpenting adalah nada suara tersebut tidak boleh terlalu tinggi. Nada tinggi memang tidak diperbolehkan saat presentasi. Karena hal tersebut dianggap tidak sopan untuk dilakukan.

Materi Presentasi
Materi presentasi juga harus Anda perhatikan dengan betul-betul. Materi tersebut akan sangat berpengaruh sekali pada presentasi yang akan dilakukan. Materi yang disampaikan harus memenuhi unsur selaras dan berhubungan dengan yang dibicarakan. Karena terkadang ada presentasi yang keluar dari topik yang dibicarakan.

Jadi, sebaiknya Anda mempersiapakan materi tersebut di jauh-jauh hari, agar materi tersebut memang betul-betul siap untuk dipresentasikan.

Itulah beberapa hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan presentasi. Dengan melakukannya secara seksama dan teliti, presentasi yang dilakukan akan berjalan lancar dan sukses. Yang terpenting adalah mempersiapkan diri Anda untuk tampil di depan banyak orang.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/yang-perlu-diperhatikan-saat-presentasi-#sthash.kAKkFA0Q.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar