Pages

Senin, 27 Januari 2014

El Dorado, The Lost City

Pernah dengar istilah El Dorado? Ini bukan wahana hiburan melainkan kota emas yang hilang di benua Amerika. El Dorado merupakan bahasa Spanyol yang berarti manusia bersepuh emas. Istilah tersebut diberikan pada penduduk asli Amerika Selatan yang sekujur tubuhnya disepuh dengan bubuk emas dan melegenda. 
Konon, El Dorado merupakan sebuah tempat yang memiliki emas yang berlimpah di kawasan Amerika Selatan. Berawal dari penaklukkan bangsa Inca yang kaya raya oleh Francisco Pizzaro (1475 – 1541), banyak orang yang berbondong-bondong datang ke Amerika Selatan untuk menemukan kota emas yang hilang tersebut. 

Legenda El Dorado berawal dari kisah seorang raja yang sering melakukan ritual dengan menyepuh dirinya dengan bubuk emas. Raja tersebut nantinya akan membersihkan dirinya di sebuah danau sekaligus membawa setumpuk emas ke dasar danau. Mendengar hal yang menggiurkan tersebut, banyak ekspedisi yang dilakukan oleh bangsa Spanyol dan Jerman untuk menemukan kota yang kaya tersebut. Namun, kota yang katanya berlimpah dengan sumber kekayaan alamnya ini nggak ditemukan. Mereka malah menemukan Danau Guatavita, tempat pembuangan emas yang diceritakan sebelumnya.

Di Danau Guatavita sendiri telah dilakukan usaha untuk pengerukan emas di dasar danau dengan cara mengurangi volume air di dalam danau. Meskipun sejumlah emas yang dicari berhasil didapatkan, kota El Dorado sendiri masih dipertanyakan keberadaannya. Beberapa ahli meyakini bahwa kota tersebut sudah hilang seperti kota Atlantis, tapi sebagian menyebutkan kalau El Dorado merupakan hasil imaginasi dari para penjelajah zaman dulu. Winda – Foto: AFP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar