Pages

Senin, 27 Januari 2014

4 Pemakaman Terunik


4 Pemakaman Terunik Gadis

Umumnya, pemakaman yang kita tahu adalah dikubur dalam tanah atau dikremasi dengan api. Tapi ternyata ada beberapa cara pemakaman unik yang bisa bikin kita tercengang. Ini dia!

Pemakaman langit (Sky Burial)
Warga Buddha di Tibet punya ritual yang disebut “pemakaman langit”. Jadi, orang yang sudah meninggal tubuhnya akan dicincang, dicampur dengan tepung kemudian diatur sedemikian rupa agar dimakan oleh burung-burung pemakan bangkai. Hal ini dikarenakan mereka percaya bahwa tubuh hanyalah sebuah kapal untuk jiwa dan harus kembali ke alam.

Peti mati fantasi
Masyarakat pinggiran Accra yang berlokasi di Ghana punya cara unik untuk memakamkan warganya yang meninggal. Orang yang meninggal di sana dikuburkan dengan peti mati fantasi. Apa yang dimaksud dengan peti mati fantasi? Jadi peti mati adalah replika raksasa yang menggambarkan profesi almarhum. Misalnya, bila dia seorang nelayan maka petinya berbentuk ikan. Kabarnya, kalau Elvis Presley meninggal di sini, peti matinya akan berbentuk gitar. Wow!

Pemakaman dengan penari telanjang
Di wilayah Donghai, China terdapat pemakaman yang benar-benar berbeda. Di acara pemakaman, mereka menghadirkan penari telanjang. Masyarakat di sana punya keyakinan bahwa reputasi orang yang meninggal sama dengan jumlah orang yang menghadiri pemakamannya. Maka dari itu, keluarga akan menyewa penari telanjang untuk menarik perhatian sehingga banyak orang yang melayat anggota keluarga mereka yang meninggal

Pemakaman Famadihana
Warga Malagasi di Madagaskar punya kebiasaan untuk mengeluarkan orang mati dari kubur kemudian melakukan perayaan bersama mereka. Perayaan ini diiringi dengan tari-tarian bersama mayat dan diadakan setiap 7 tahun sekali. Ritual ini menjadi waktu reuni dengan anggota keluarga yang sudah meninggal. Rizkya. Foto: Dok. stanford.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar