Pages

Senin, 27 Januari 2014

Tips Merawat Kebaya

Seperti yang kita tahu, kebaya merupakan pakaian tradisional warisan leluhur kita. Kita menggunakan kebaya dalam acara acara penting seperti pernikahan dan wisuda. Kebaya  menurut sejarahnya dipercaya berasal dari Arab. Lalu, kebaya disebarkan seiring dengan banyaknya pedagang pedagang arab berlabuh di Indonesia.
Pada zaman dahulu, kebaya hanya digunakan di golongan kerajaan. Hal ini menunjukkan bahwa kebaya merupakan salah satu penanda status sosial.
Desain kebaya memiliki ciri khas tersendiri sehingga para ahli fashion sedang mengupayakan untuk membuat modifikasi kebaya menjadi lebih modern sehingga dapat dipadu dengan jeans atau rok. 

Apabila Anda memiliki jumlah koleksi kebaya yang banyak, maka Anda harus pandai pandai merawatnya karena kebaya cenderung mudah rusak. Lalu, bagaimanakah cara cara merawat kebaya dengan benar? Berikut tips tips nya :

1. Ketahui Bahan dan Aksesoris Kebaya
Kita harus mengetahui apa bahan dan aksesoris yang melekat di kebaya tersebut. Hal ini penting untuk diketahui karena kita tidak ingin kebaya kita menjadi rusak hanya karena salah cuci.
Jika Anda memiliki jenis kebaya yang terdapat palet paletnya, Anda tidak dibolehkan untuk mencucinya di mesin cuci, apalagi menguceknya karena hal itu akan membuat struktur kebaya yang halus akan rusak.
Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda membawanya ke tempat laundry yang terpercaya. Meskipun harganya mahal, Anda akan menjadi lebih tenang karena laundry yang terpercaya memiliki metode khusus dalam membersihkan kebaya.

2. Ketahui Cara Mencuci Kebaya yang Benar
Jika Anda bersikeras untuk mencuci kebaya Anda sendiri, Anda harus mengetahui metode metode mencuci kebaya yang benar. Pertama tama, rendam kebaya Anda ke air yang telah dicampur dengan 1 sendok bubuk detergen. Cukup rendam 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, angin anginkan kebaya Anda. Ingat, jangan sampai Anda mengucek atau menyikat kebaya karena hal tersebut akan merusak kebaya Anda.

3. Usir Ngengat yang Menempel
Serangga, terutama ngengat merupakan musuh utama pakian kebaya karena kebaya merupakan pakaian khusus, sehingga jarang dipakai. Bahkan, pakaian kebaya yang sangat jarang dipakai akan menjadi sareang bagi ngengat. 
Tentunya Anda tak menginginkan hal itu terjadi. Untuk itu, Sewaktu waktu Anda disarankan untuk mengeluarkan koleksi kebaya Anda dari lemari. Hal itu bertujuan untuk menyegarkan kebaya anda sehingga strukturnya tidak menjadi rusak karena dijadikan sarang oleh ngengat.

4. Hilangkan Noda dari Kebaya
Terkadang, kita tidak cukup berhati hati dan menumpahkan kotoran atau hal yang bisa menjadi noda di kebaya kita. Tentunya, mkita tidak ingin kebaya kita menjadi kotor dan kucel karena noda. Untuk itu, bersihkan noda yang ada di kebaya Anda dengan rutin. Untuk membersihkannya pun ada cara khusus, yakni teteskan air jeruk nipis ke tempat kebaya yang terkena noda.

Setelah itu, diamkan beberapa saat agar air jeruk nipis tersebut menyerap ke dalam kebaya. Setelah dirasa bahwa air jeruk nipis dapat meresap seluruhnya, bersihkan dengan tisu atau kain halus secara perlahan lahan. Jangan mengusap kebaya dengan sikat atau kain yang kasar. Setelah itu, kebaya akan tampak bersih dan bebas dari noda.

Kebaya merupakan salah satu pakaian special. Untuk itu, perawatannya pun harus special. Jika kita merawat dengan metode yang salah, kita akan kecewa karena kebaya kita akan menjadi rusak sehingga tidak layak untuk digunakan.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/tips-merawat-kebaya#sthash.a5DEHK15.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar