Pages

Senin, 27 Januari 2014

Tips Mencuci Karpet

Untuk memperindah tampilan lantai dirumah, tidak jarang Anda menggunakan karpet. Baik dengan berbagai macam motif dan warna yang beranekaragam. Karena seringnya dipakai dalam waktu yang cukup lama, maka tidak heran jika debu yang mengendap pada karpet semakin banyak.

Membersihkan karpet tidak cukup menggunakan mesin penyedot debu khusus karpet saja, melainkan Anda juga perlu mencuci karpet tersebut agar benar-benar bersih. Berikut sedikit tips mencuci karpet.

1. Bersihkan karpet terlebih dahulu dengan vacuum cleaner sebelum Anda mulai mencuci karpet.

2. Kemudian bentangkan karpet pada jemuran dengan posisi berdiri agar air mudah mengalir ke bawah, pastikan bahwa tiang jemuran benar-benar kuat.

3. Langkah mencuci karpet selanjutnya adalah dengan menyemprotkan air pada karpet dengan tekanan yang kuat agar air benar-benar dapat masuk kesela-sela karpet sehingga debu-debu yang berada didalamnya dapat terangkat keluar.

4. Gunakan sabun khusus untuk karpet. Karena jika Anda menggunakan sembarang sabun dapat merusak karpet kesayangan Anda.

5. Sikat dengan sikat lembut khusus karpet dan sikatlah secara perlahan agar tidah merusak tekstur karpet Anda yang lembut menjadi kasar.

6. Jika Anda telah selesai menyikat kapet, siramlah atau bilas dengan air bersih yang mengalir dari atas ke bawah. Siram hingga sabun yang menempel pada karpet benar-benar hilang dan bersih.

7. Keringkan karpet yang sudah Anda cuci tersebut pada suhu yang tidak terlalu panas karena suhu yang panas akan membuat bulu-bulu karpet Anda mejadi keras.

8. Taburkan baking soda pada permukaan karpet, diamkan beberapa saat. Kemudian bersihkan dengan vacum cleaner. Hal ini dilakukan agar karpet tersebut tidak berbau.

Pada intinya dalam mencuci karpet, Anda harus membersihkan secara berurutan seperti membersihan dari bagian yang paling atas terlebih dahulu hingga ke bagian yang terbawah. Dan jangan mencuci karpet dengan posisi dibentangkan dilantai karena genangan air akan dapat membuat karpet Anda mudah hancur. Dan selalu pastikan simpan karpet yang sudah Anda cuci tersebut kedalam plastik jika Anda tidak ingin segera menggunakannya.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/tips-mencuci-karpet-#sthash.9q1skKqa.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar