Pages

Senin, 27 Januari 2014

Olahraga Untuk Mata Sehat

Mata merupakan organ penting pada tubuh manusia. Melalui mata manusia dapat melihat dunia. Seperti organ tubuh lainnya, mata juga perlu dijaga kesehatannya. Seiring dengan bertambanya usia, kemampuan penglihatan seseorang akan berkurang.
Kita tidak bisa meghentikan proses itu, akan tetapi kita bisa memperlambat pengurangan kemampuan penglihatan mata. Menjaga kesehatan mata adalah salah satu solusinya.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan olah raga mata mata. Olahraga untuk mata sehat seringkali luput dari perhatian. Olah raga mata ditujukan untuk melatih otot bagian belakang mata. Berikut latihan-latihan yang bisa Anda lakukan untuk membuat mata Anda sehat:
Pertama
Olahraga untuk mata sehat yang pertama dapat dilakukan dengan duduk dengan tegak didepan meja. Selanjutnya, letakkan siku Anda di permukaan meja kemudian gunakan telapak tangan untuk menutup kedua mata. Rapatkan jari-jari tangan Anda, jangan sampai ada cahaya yang masuk. Lakukan gerakan tersebut selama 30 detik.

Kedua
Cara kedua adalah dengan menutup mata rapat-rapat, kemudian arahkan kepala Anda ke atas lalu ke bawah. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 3 kali.

Ketiga
Selanjutnya, lakukan hal yang sama namun untuk latihan kali ini arahkan pandangan ke titik fokus jauh dan dekat, lalu ke kanan dan ke kiri sebanyak 3 kali. Dalam melakukan gerakan tersebut, usahakan untuk tidak menggerakkan otot wajah yang lain kecuali otot mata.

Selain melakukan olahraga mata diatas, kesehatan mata juga dapat dijaga dengan melakukan hal lain seperti:

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A
Fungsi dari Vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A terdapat pada sayur dan buah. Contohnya adalah wortel. Dengan mengkonsumsi banyak wortel, kebutuhan tubuh Anda akan Vitamin A akan terpenuhi dan matapun menjadi sehat.

2. Gunakan kaca mata hitam dengan UV protection
Cahaya matahari mengandung sinar UV yang berbahaya bagi mata. Walaupun Anda tidak menatap cahaya matahari secara langsung, namun sinar UV dapat terpantul ke mata kita melalui kaca, pasir, dan sebagainya. Oleh karena itu gunakan kaca mata hitam dengan UV protection di hari yang terik.

3. Penerangan yang baik
Pastikan ruangan Anda memiliki penerangan yang baik. Membaca di tempat gelap tidak baik bagi kesehatan mata. Di tempat yang kurang cahaya, otot mata akan berusaha lebih kuat untuk dapat melihat benda-benda di sekitar.

4. Sesuaikan kecerahan monitor komputer
Jika pekerjaan Anda menuntut Anda untuk berada didepan layar monitor sepanjang hari, pastikan Anda mengatur kecerahan atau brightness dari layar komputer Anda. Turunkan kecerahan layar komputer Anda dimalam hari.

5. Hindari membaca atau menonton TV dari dekat
Jika Anda hobi membaca atau menonton TV, menjaga jarak dari buku dan TV haruslah dilakukan. Jika tidak, hal tersebut dapat merusak mata Anda. Peringatkan pula kepada anak Anda. Menonton TV atau membaca dengan jarak terlalu dekat dengan meta dapat menyebabkan mata mereka menjadi minus.

Demikian hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Selain olahraga untuk mata sehat, Anda juga harus memperhatikan hal-hal kecil yang tanpa Anda sadari  dapat merusak mata. Melakukan pencegahan adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan sebelum semua terlambat.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/olahraga-untuk-mata-sehat#sthash.StV2vRQ4.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar