Pages

Senin, 27 Januari 2014

Tips Agar Kompor Berapi Biru

Menjaga nyala api kompor gas agar tetap berwarna biru membutuhkan perawatan yang baik. Selain itu, api yang biru akan menyebabkan lapisan bawah teflon maupun alat masak tetap terawat. Berikut ini tips-tips menarik yang bisa Anda gunakan untuk menjaga nyala api gas tetap berwarna biru.

1. Bersihkan tungku sehabis memasak
Membersihkan tungku kompor gas sehabis memasak perlu dilakukan untuk menjaga tungku tetap bersih. Biasanya ketika memasak tungku bisa saja terkena cipratan minyak, debu, air, dan sebagainya sehingga bila dibiarkan akan menimbulkan kotoran-kotoran yang mempengaruhi nyala api.

2. Periksa regulator
Anda perlu memeriksa regulator untuk memastikan tekanan yang diberikan adalah ideal sehingga tidak akan menyebabkan potensi kebakaran. Tekanan yang ideal untuk kompor gas adalah pada posisi low-pressure.

3. Beli gas pada agen resmi
Agar nyala api tetap berwarna biru Anda bisa membeli gas pada agen resmi yang menyediakan gas dengan kualitas yang sudah teruji. Meskipun akan terjadi selisih harga tetapi Anda akan mendapatkan kualitas gas yang lebih baik.

4. Bersihkan tempat nyala api (burner) pada kompor gas
Hal ini juga berpengaruh pada hasil nyala api. Burner biasanya terbuat dari tembaga atau kuningan yang mudah berubah warna menjadi hitam dan berkarat. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan asam sitrat. Caranya dengan melarutkan 1 sendok makan asam sitrat kedalam air panas kemudian rendam selama 2-4 jam. Setelah itu bersihkan sehingga warna burner kembali seperti semula.

5. Bersihkan bagian bawah peralatan masak Anda
Meletakkan begitu saja peralatan masak tanpa membersihkan terlebih dahulu bagian bawah peralatan masak tentu sangat umum dilakukan. Tahukah Anda bahwa hal sepele ini dapat menjadi masalah? Kotoran yang biasanya ada yaitu minyak, debu, atau kuah yang meluap. Hal ini bisa menetes dan kemudian mengenai tungku maupun burner kompor gas.Itulah beberapa  tips yang bisa Anda jadikan pedoman agar kompor gas Anda dan nyala apinya bisa tetap biru. - See more at: http://www.perempuan.com/read/tips-agar-kompor-berapi-biru-#sthash.MpI7PGBA.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar