Pages

Senin, 27 Januari 2014

Agar Boneka Tetap Awet

Anda menyukai boneka? Atau mungkin anak Anda suka bermain dengan boneka? Ya, boneka merupakan salah satu jenis mainan yang banyak diminati. Baik anak perempuan maupun laki-laki yang masih kecil, gemar bermain boneka.
Bahkan, banyak orang dewasa yang masih suka bermain boneka, tidur dengan boneka, atau mengoleksi boneka. Boneka memang mainan yang menarik. Selain itu bentuk dan warnanya pun sangat lucu dan cantik.
Nah, walaupun sangat banyak diminati, namun belum banyak orang yang paham bagaimana cara merawat jenis mainan yang satu ini. Pasalnya, boneka yang terbuat dari katun dan bulu-bulu cenderung sedikit sulit dalam hal perawatannya. Selain debu, berbagai jenis noda juga bisa menempel pada boneka kesayangan Anda.

Berikut adalah beberapa tips merawat boneka yang mungkin akan membantu Anda dalam mengatasi masalah merawat boneka, diantaranya:

1. Bersihkan dengan lap basah
Jika boneka Anda terlihat mulai berdebu, mulailah membersihkannya dengan lap yang sudah dibasahi air. Usap-usapkan tipis-tipis secara merata pada seluruh bagian tubuh boneka agar debu-debu halus dapat terangkat.

2. Gunakan selotip
Anda juga bisa menggunakan selotip untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh boneka. Dengan menempel dan membuka selotip maka kotoran yang ada pada tubuh boneka akan menempel pada selotip tersebut.

3. Cuci boneka secara berkala
Pastikan bahwa Anda mencuci boneka secara teratur dalam rentang waktu tertentu, misalnya satu atau dua bulan sekali. Mencuci boneka bisa dilakukan dengan mesin cuci atau dengan cara manual. Hal tersebut tergantung pada bahan boneka itu sendiri. Maka, sebelum memutuskan untuk mencuci boneka, Anda harus memastikan bahan boneka dan cara pencuciannya. Anda juga bisa membawa koleksi boneka ke laundry-laundry terdekat yang mengetahui secara professional bagaimana mencuci boneka-boneka tersebut.

4. Perhatikan aturan mencuci
Jika Anda mencuci boneka di rumah, sangat penting untuk memperhatikan aturan pencuciannya. Misalnya, jangan menggunakan detergen yang berformula keras, jangan gunakan pemutih, dan jangan menjemur boneka di bawah terik matahari. Pasalnya, cara-cara tersebut justru akan merusak boneka Anda.

Detergen yang formulanya lebih keras berpotensi merusak kelembutan bulu-bulu boneka. Sedangkan penggunaan pemutih jelas akan merusak warna boneka dan membuat boneka lebih kusam, Sama halnya ketika menjemur boneka di bawah terik matahari yang menyengat. Akan lebih baik jika Anda menjemur boneka di tempat yang teduh dan terkena angin.

5. Teknik menyimpan boneka
Jika boneka telah cukup kering setelah dicuci, sisir dan rapikan bulu-bulu boneka tersebut. Kemudian, jika kira-kira ingin menyimpan boneka dalam jangka waktu yang lama sebaiknya gunakan plastik atau paperbag sebagai wadah. Jangan lupa pula untuk meletakkan beberapa kapur barus agar boneka tetap awet dan tidak berbau apek. Pastikan bahwa wadah atau lemari tempat Anda menyimpan boneka aman dari binatang pengganggu yang mungkin merusak boneka Anda.

Tingkat kebersihan boneka sangat penting, apalagi bagi Anda yang memiliki balita, Anda tentu tidak ingin jika balita Anda bermain dengan boneka yang kotor dan menyimpan banyak kuman berbahaya. Terlebih, kebiasaan balita adalah menggigit dan memasukkan berbgai benda ke dalam mulutnya. Coba bayangkan jika anak menggigit-gigit boneka kotor. Tentunya hal tersbeut berpotensi mengakibatkan penyakit dan kuman masuk ke dalam tubuh anak.

Jadi, mulai sekarang rawat dan perhatikanlah kebersihan boneka-boneka yang ada di rumah anda. Jangan biarkan anak atau anggota keluarga yang lain terserang penyakit, kuman, atau bakteri akibat boneka-boneka yang tidak terawat dengan baik.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/agar-boneka-tetap-awet#sthash.ktCyNb5k.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar