Pages

Senin, 27 Januari 2014

Makanan Bergizi Pengganti Susu

Susu merupakan sumber protein dan penghasil energi yang baik dan menyehatkan bagi tubuh kita. Selain bergizi karena mengandung kalsium yang bagus untuk tulang, susu juga banyak memiliki manfaat yang lainnya pula seperti mengandung vitamin A, vitamin B12, dan juga vitamin D.
Karena rasanya yang enak pula pun banyak orang juga yang menjadikan susu sebagai salah satu menu sarapan pagi atau minuman pengantar sebelum tidur.
Sekarang ini banyak variasi rasa yang bisa dipilih dari produk susu agar orang tidak hanya terpaku dan bosan pada satu rasa, seperti rasa vanila, rasa kopi, rasa coklat maupun rasa strawberry.
Bahkan banyak orang tua yang mewajibkan anak mereka untuk mengkonsumsi minuman ini setiap hari agar anak bisa bertumbung kembang baik dan sehat tentunya dan juga menjadikan sebgaia bekal makanan.
Namun, sayangnya tidak semua orang menyukai minuman ini dan ada pula yang alergi terhadap susu. Namun selain susu, banyak pula makanan lain yang juga tidak kalah mengandung gizi atau vitamin yang sama dan dapat menggantikannya sebagai makanan sebagai sumber protein atau kalsium.
Berikut ini adalah beberapa daftar makanan-makanan bergizi yang dapat menggantikan susu, diantaranya yaitu:
Ikan Laut
Ikan laut dapat digunakan sebagai pengganti minuman susu karena juga mengandung protein yang baik bagi tubuh. Ikan laut pun ada berbagai macam jenis dan variasinya seperti salmon dan sarden yang banyak mengandung banyak kalsium dan protein di dalamnya bahkan ikan salmon mengandung omega 3, sehingga Anda tidak akan bosan dan bisa berganti-ganti untuk mengkonsumsi sebagai menu makanan bergizi Anda.
Bayam dan Brokoli
Sayuran-sayuran hijau tersebut juga dapat digunakan sebagai pengganti susu karena mengandung kalsium yang bergizi dah sehat untuk tubuh kita pula. Selain kalsium ada pula vitamin lain yang terdapat didalamnya. Brokoli juga mengandung anti oksidan yang baik bagi kesehatan tubuh kita.
Lobak
Lobak juga banyak mengadung kalsium didalamnya.
Kacang Almond
Kaya akan kalsium dan vitamin E merupakan makanan atau camilan yang baik bagi tubuh sebagai pengganti susu.
Oatmeal
Makanan yang satu ini mengandung banyak kalsium dan bisa membantu kita untuk menyehatkan jantung pula.
Jeruk
Buah jeruk ternyata tidak hanya mengadung vitamin C saja namun juga kalsium yang baik bagi tubuh kita.
Kacang Kedelai
Selain kacang almond, kacang kedelai juga bisa digunakan sebgai pengganti susu karena kandungan gizi dan protein didalamnya.
Biji wijen
Biji wijen juga banyak mengandung kalsium yang bagus untuk tubuh kita. Tak hanya itu, Anda juga mendapatkan manfaat lebih karena kandungan lemak tak jenuh di dalamnya.
Ayam
Ayam juga banyak mengandung protein didalamnya. Anda bisa membuat macam-macam kreasi masakan dari ayam tentunya sesuai selera Anda dan juga keluarga Anda.
Telur ayam
Telur ayam pun juga tidak kalah ketinggalan sebagai sumber protein yang bergizi bagi kita. Anda dapat membuat telur dengan berbagai kreasi seperti telur goleng atau dibuat omelete.
Yogurt
Yogurt dengan rasanya yang asam, selain mengandung protein juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan gigi Anda juga.
Tahu
Selain harganya yang terjangkau dan mudah untuk di dapat, tahu ternyata juga mengandung banyak protein pula.
Keju
Keju pun juga mengandung protein yang baik. Anda bisa membuat kreasi makanan atau masakan juga dengan menggunakan keju nantinya. (
- See more at: http://www.perempuan.com/read/makanan-bergizi-pengganti-susu#sthash.uhrU7HW5.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar