Pages

Senin, 27 Januari 2014

Mengalami Diskriminasi Dalam Kantor

Tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak terjadi kasus diskriminasi di lingkungan masyarakat. Kasus-kasus diskriminasi juga sangat beragam, mulai dari diskriminasi suku, diskriminasi agama, hingga diskriminasi gender, dan pekerjaan. Ya, salah satu tempat yang memungkinkan terjadinya diskriminasi adalah di kantor dan berkaitan dengan pekerjaan. 
Kantor merupakan tempat dimana orang-orang dari berbagai daerah asal bisa berkumpul, berbagai latar belakang, pendidikan, gender, dan adat istiadat juga bersinergi dan dituntut untuk bisa bekerja sama.

Tidak menutup kemungkinan, bahwa bisa terjadi gesekan-gesekan antara satu individu dengan individu yang lain berkaitan dengan diskriminasi tersebut. Tak jarang diskriminasi juga terjadi akibat adanya kepentingan-kepentingan tertentu.
Salah satu yang seringkali mendapat perlakuan diskriminatif adalah perempuan. Perempuan cenderung dianggap sebagai makhluk yang lebih lemah dan inferior, apalagi didunia kerja yang lebih banyak didominasi kaum laki-laki.
Beberapa kasus menyebutkan bahwa perempuan akan sulit menembus jenjang karir yang lebih tinggi dan mendapatkan pendapatan atau gaji yang berbeda.
Nah, khusus bagi perempuan, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan jika mengalami diskriminasi di kantor, diantaranya:

1. Deskripsikan diskriminasi yang Anda alami
Penting bagi Anda untuk mengamati secara seksama tentang kemungkinan adanya diskriminasi yang Anda alami. Misalnya dengan mendeskripsikan dan mereka ulang kejadian-kejadian yang mengandung diskriminasi yang pernah Anda alami. Perhatikan pula apakah hal-hal tersebut juga menimba perempuan lain di kantor Anda.

2. Lakukan introspeksi dan evaluasi
Menjadi kewajiban Anda untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja Anda sendiri. Cari tahu apakah yang menjadi penyebab terhambatnya karir Anda selama ini. kemudian, pikirkan baik-baik apakah kinerja Anda selama ini sudah cukup dijadikan alasan bagi atasan untuk memberikan promosi jabatan kepada Anda?

Ya, introspeksi dan evaluasi diri ini akan sangat penting dalam mengidentifikasi kemungkinan terjadinya diskriminasi. Berusahalah untuk jujur pada diri sendiri dan jangan sekali-kali menyalahkan orang lain atas kekurangan Anda.

3. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin
Informasi merupakan kunci utama dalam menyelesaikan masalah diskriminasi. Cari tahu dan kumpulkan nama-nama rekan kerja yang mungkin mendapat perlakuan serupa. Ajaklah mereka untuk sharing dan berdiskusi guna membawa masalah tersebut kepada atasan.

4. Diskusikan dengan atasan Anda
Jika ternyata rekan kerja Anda tidak mau untuk membicarakan hal tersebut, maka jangan coba-coba untuk memaksa. Seringkali, korban diskriminasi merasa tidak ingin meninggalkan zona aman selama ia masih bisa bertahan. Jadi, sah-sah saja jika rekan yang sama-sama mendapat perlakukan diskriminatif tidak mau ikut bicara.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah berbicara langsung dengan atsan anda. Caranya, kumpulkan data-data pendukung terlebih dahulu sebelum Anda bicara.
Jika Anda dapat berbicara dengan bukti-bukti yang cukup untuk mendukung argument Anda, maka tidak menutup kemungkinan atasan akan mengerti dan memberikan solusi bagi masalah tersebut.

5. Berusaha professional dan tetap bekerja dengan baik
Sekalipun tengah mengalami permasalahan, Anda tidak boleh bermalas-malasan dan menjadi kendur dalam bekerja. Tunjukkan pada atasan dan orang-orang di kantor bahwa Anda adalah pribadi yang professional, dengan cara tetap fokus walaupun tengah berada di tengah masalah.

6. Perjuangkan hak Anda
Diskriminasi tidak pantas untuk Anda atau perempuan lain dapatkan. Di jaman modern ini sudah dijelaskan bahwa kedudukan perempuan dan laki-laki dalam pekerjaan adalah sama. Maka, Anda berhak untuk terus berjuang demi menolak bentuk-bentuk diskriminasi yang ditujukan kepada Anda.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/mengalami-diskriminasi-dalam-kantor#sthash.3X12LB92.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar