Pages

Senin, 27 Januari 2014

Menghilangkan Noda Pada Sofa

Anda mungkin akan panik ketika melihat noda pada sofa kesayangan. Misalnya saja, ketika anak-anak menumpahkan minuman, makanan, saus maupun kecap. Anda pun sudah membayangkan untuk membawa sofa ke tempat jasa pembersih sofa atau mungkin memanggil jasa pembersih sofa ke rumah.

Namun, tingkat kesulitan untuk membawa sofa ke tempat jasa pembersih sofa tentu harus dipertimbangkan. Begitu juga dengan biaya yang harus Anda keluarkan ketika memanggil jasa pembersih sofa ke rumah.
Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda hanya perlu mencari informasi tentang tips-tips membersihkan dan menghilangkan noda pada sofa melalui majalah atau internet. Setelahnya, Anda dapat membersihkan noda pada sofa tanpa harus repot dan mengeluarkan uang lebih untuk jasa pembersih sofa.

Berikut adalah tips aman membersihkan dan menghilangkan noda pada sofa, tanpa merusak warna maupun kulit sofa, yaitu:

1. Hindari penggunaan cairan pembersih
Jika sofa tidak terkena noda tinta atau cat yang memang sulit dibersihkan, sebaiknya jangan menggunakan cairan pembersih yang biasanya mengandung formula keras. Misalnya, jika sofa hanya terkena tumpahan soda atau sirup, maka Anda hanya perlu menggunakan cairan sabun mandi yang punya formula ringan.

Caranya, campurkan cairan sabun dengan air hangat secukupnya. Kemudian, gunakan kain berbahan lembut dan basahi dengan cairan air sabun tadi. Setelah itu, gosokkan kain yang sudah dibasahi air sabun pada noda dan lakukan dengan dengan gerakan memutar secara perlahan.

2. Gunakan air sebagai pertolongan pertama
Ketika melihat anak menumpahkan makanan atau minuman pada sofa, maka segeralah mengambil air bersih untuk membersihkan noda tersebut. Walaupun mungkin noda tidak akan bersih sempurna dengan air, namun pertolongan pertama ini akan meminimalisir kemungkinan noda membandel. Pasalnya, ketika Anda melihat noda dan menunda untuk membersihkannya dengan alasan noda tergolong ringan, Anda salah besar. Noda yang tergolong bisa jadi membandel jika tidak segera dibersihkan secara cepat. Maka dari itu, air adalah pertolongan pertama yang paling tepat.

3. Bersihkan pada bagian yang terkena noda saja
Ketika membersihkan sofa yang terkena noda, maka fokuslah pada area nodanya saja dan jangan melebar ke area lain. Pasalnya, sofa yang dibiarkan lembab bisanaya akan cepat rusak dan menimbulkan bau apek. Apalagi, jika sofa tersebut berbahan kulit, maka akan mudah terjadi pecah-pecah pada permukaan kulitnya.

4. Ulangi beberapa kali saat membersihkan noda
Usahakan untuk mengulangi membersihkan noda untuk memastikan bahwa noda pada sofa tersebut sudah benar-benar hilang. Anda bisa kembali mencelupkan kain ke dalam cairan sabun, kemudia tekan-tekan pada area yang terkena noda tadi. Lalu, ulangi menggosok secara perlahan dengan gerakan memutar.

Setelahnya, siapkan lap kering untuk membersihkan dan menyerap air sabun pada sofa. Kemudian, lanjutkan dengan mengeringkan sofa dengan menggunakan vacuum cleaner, hair dryer, atau bawa keluar rumah dan angin-anginkan. Sofa yang basah tersebut bisa kering dengan sendirinya karena sinar matahri dan angin.

5. Gunakan pembersih kuku untuk noda membandel
Jika sofa terkena noda membandel, misalnya goresan tinta atau crayon milik anak-anak, maka Anda dapat membersihkan noda tersebut dengan cairan pembersih kuku. Namun, pastikan bahwa cairan tersebut tidak mengandung aseton, sehingga tidak akan merubah atau menghilangkan warna sofa.

Tuangkan sedikit saja cairan pembersih kuku pada kain yang halus, lalu usah dan gosokkan secara perlahan ke area yang terkena noda. Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan cairan pembersih kuku secara berlebihan karena cairan tersebut berpotensi merusak warna dan kelembutan permukaan sofa.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/menghilangkan-noda-pada-sofa#sthash.WWF9ey3S.dpuf

1 komentar: