Pages

Senin, 27 Januari 2014

Mengenali Tipe Keluarga Modern

Tipe keluarga modern adalah bentuk keluarga yang mengikuti perkembangan jaman atau peradaban yang baru sebagai dampak dari penyesuaian-penyesuaian terhadap hal-hal baru dari ilmu pengetahuan dan teknologi.
Contohnya, dengan berkembangnya IpTek, seorang perempuan yang dulu hanya seorang ibu rumah tangga yang hanya mengurusi pekerjaan rumah, sekarang banyak perempuan-perempuan yang sudah bergelar sarjana dan bekerja diberbagai bidang atau sektor baik jasa, perdagangan dll.
Mereka sudah tidak lagi hanya bekerja di rumah dan mengurusi keluarga saja tapi juga merangkap dalam karir diberbagai bidang. 
Teknologi juga sangat berpengaruh terhadap keberlagsungan suatu keluarga,saat ini banyak kita temui keluarga yang secara fisik berkumpul di rumah akan tetapi mereka asik berhubungan dengan rekan-rekan mereka diluar rumah baik itu lewat SMS, BBM, Whatsapp, Facebook, Twitter dll.

Selain teknologi informasi, penggunaan teknologi lain seperti mesin cuci, penanan nasi, lemari pendingin, kompor gas dan teknologi lain yang memudahkan pekerjaan keluarga adalah ciri-ciri tipe keluarga modern.
Akan tetapi dibalik kemudahan kemudahan yang tersedia oleh teknologi modern tersebut, ternyata dapat berimbas buruk, yaitu melunturkan rasa saling tolong-menolong diantara anggota keluarga sehingga rasa individualis akan semakin tertanam dalam keluarga mereka.

Tipe Keluarga Modern

Umumnya saat ini di era globalisasi dan modernisasi kondisi keluarga atau struktur keluarga yang berhubungan dengan peran mulai berubah karena masyarakat saat ini semakin beragam. Hal ini diakibatkan oleh beberapa sebab, diantaranya:

1. Pergeseran dari keluarga besar menjadi keluarga kecil karena anggotanya semakin menurun.
2. Orang tua tunggal meningkat karena adanya perceraian.
3. Orang berumah tangga tanpa adanya ikatan pernikahan meningkat karena kumpul kebo.
4. Karena perempuan juga berkarir sehingga pembagian kerja dalam rumah tangga berubah.
5. Status perceraian relative biasa.

Salah satu cara berpikir mengenai alasan mengapa terjadi perubahan sosial dan transformasi sosial dalam keluarga yaitu karena suatu masyarakat mempunyai kebutuhan untuk menyesuaikan dengan lingkungan baik itu fisik maupun sosial atau lebih tepatnya menyesuaikan dengan perubahan yang relevan dalam lingkungan keluarga.

Keluarga berubah sejalan dengan perkembangan jaman dan perubahan yang diinginkan biasanya diharapkan bermuara pada kesejahteraan masyarakat tapi kenyataannya hal itu sering diingkirai sehingga masalah yang mucul malah lebih berat.

Dalam usaha untuk mengkaji masalah tipe keluarga modern saat ini, maka suatu hal yang sangat relevan untuk dipikirkan adalah industrialisasi dan keluarga dimana terjadi perubahan struktur dari masyarakat yang agraris menjadi industrialis. 
Beberapa riset mengatakan pada masa kini bersamaan dengan proses industrialisasi dapat diamati suatu perubahan bentuk ke arah yang disebut keluarga konjugal.
Secara singkat, keluarga konjugal adalah keluarga dimana keadaan keluarga itu semakin mandiri melakukan peran-perannya dan lebih independen dari campur tangan pihak keluarga, baik itu pihak keluarga dari suami atau istri.

Secara ekonomi keluarga konjugal itu berdiri sendiri, tempat tinggal juga sendiri dan tidak jadi satu dengan kerabat luas. Hal ini juga hubungan emosi atau hubungan suami-istri lebih erat atau akrab.
Akan tetapi, pecahnya hubungan kerabat pada tipe keluarga modern akan rentan terjadi karena yang mengikatnya hanya pasangan suami-istri itu saja beda dengan tipe keluarga tradsional dimana campur tangan kerabat atau saudara dari pihak istri maupun suami masih dilibatkan.

Tipe keluarga modern memandang bahwa terbentuknya suatu keluarga itu tidak hanya berdasarkan ikatan perkawinan saja yang ada didalam satu rumah dan satu tempat.
Tetapi sekarang pandangan keluarga didunia modern sudah berkembang menjadi suatu kumpulan pribadi yang cenderung memiliki minat dan bakat yang sama dan mungkin bisa berkembang menjadi perusahaan keluarga dengan tujuan untuk dapat bertahan hidup mengikuti perkembangan jaman.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/mengenali-tipe-keluarga-modern#sthash.lYymrQKW.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar