Pages

Senin, 27 Januari 2014

Cara Mendukung Anak Agar Sukses

Orang tua merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung atau terciptanya kesuksesan bagi anak-anak mereka tentunya. Selain faktor dari anak itu sendiri, lingkungan atau teman, pendidikan atau sekolahan, dukungan dari orang tua yang paling penting dan sangat dibutuhkan oleh sang anak, karena merekalah orang yang terdekat dengan sang anak dan juga mereka sebagai pengawas dari anak sedari usia dini hingga dewasa kelak.

Karakter dan kesuksesan seseorang bisa dicapai, salah satunya adalah karena sejak dini mereka sudah menerapkan atau memiliki pandangan yang luas dan bertingkah laku yang sering dicontohkan atau dibimbing oleh orang tua mereka. Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk membantu anak mereka meraih kesuksesan, diantaranya yaitu:

1. Menjadi contoh baik dan yang teladan untuk anak-anak Anda sejak dini
Orang tua yang baik dalam berkata, bersikap maupun bertingkah laku dan keluarga yang harmonis dan memberikan kasih sayang yang cukup merupakan satu teladan yang baik dan patut dicontoh oleh anak mereka.
Jika orang tua selalu berkata benar dan tidak berbohong, juga tidak menggunakan kekerasan dalam mendidik, sang anak pun akan tumbuh sama seperti yang dicontohkan oleh kedua orang tua mereka tentunya, karena orang tua lah yang hidup sehari-hari dan banyak menghabiskan waktu bersama mereka. Anak pun akan tumbuh dan memiliki perilaku yang baik pula tentunya dan hal itu pula bisa mengantarkan mereka ke gerbang kesuksesan.

2. Lebih intens atau dekat dengan anak
Keakraban atau kedekatan orang tua dengan sang anak sangatlah penting. Dengan menjadi orang tua mapun sahabat bagi anak, Anda bisa saling bertukar pikiran dan membahas banyak hal. Dari sinilah Anda bisa mengarahkan anak Anda secara terperinci. Anda bisa memberi penjelasan dengan nyaman tentang cita-cita anak anda. Dapat memberitahu bagaimana tentang hal ini dan hal itu yang mengarahkan mereka ke jalan untuk  meraih gerbang kesuksesannya.

3. Mendidik anak Anda agar bisa mandiri dan sesuai prinsip yang Anda pegang
Agar anak tidak selalu bergantung dan manja kepada orang tua, Anda harus membiasakan anak Anda untuk mandiri, terkadang biarkalah anak untuk mencoba mengatasi masalah yang mereka hadapi sendiri, Anda cukup mengawasi saja, jangalah terlalu sering membuatnya mudah.

Hal ini ditujukan agar kelak anak Anda bisa menyelesaikan masalahnya sendiri untuk melangkah menuju gerbang kesuksesannya. Anda juga harus mendidik sesuai dengan prinsip yang Anda pegang. Jika dia salah, Anda harus berani menegur dan memberi peringatan.
Kemudian Anda bisa menjelaskan apa efek dari tingkah laku putera mapupun puteri Anda jika mereka masih tetap melakukan kesalahan atau kenakalan sama seperti sebelumnya. Hal ini dimasudkan agar mereka jera dan tidak akan mengulangi hal-hal buruk itu lagi.

4. Memahami anak lebih dekat.
Jangan hanya menilai anak dari tingkat prestasi akademiknya saja, namun dari karakter atau kemampuannya yang lain juga. Tidak semua anak bisa menjadi juara dikelasnya. Bimbinglah dia ke arah atau kemampuan yang dimilikinya selain hanya fokus ke prestasi akademik mereka saja.
Jangan hancurkan mimpi anak Anda dengan menyuruhnya belajar terus menerus agar bisa mendapat prestasi yang bagus dikelasnya. Prestasi juga penting, namun ada baiknya pula mempertimbangkan kemampuan anak yang lainna.

Seperti kemampuan akademik dan berolah raga atau dalam musik dan seni atau bisa juga keterampilan untuk membuat suatu kreasi. Jangan menanamkan nilai-nilai kegagalan dalam pikiran mereka jika mereka tidak mau melakukan yang Anda minta, akibatnya anak akan takut untuk mencoba sesuatu.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/cara-mendukung-anak-agar-sukses-#sthash.VitgLmUS.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar