Pages

Senin, 27 Januari 2014

Tips Sukses Bagi Penulis Baru

Dunia penulis pada saat ini semakin berkembang, seiring munculnya para penulis-penulis yang baru. Di bidang menulis sendiri sangatlah luas mulai dari menullis sebuah bacaan, cerita , hingga menjadikannya sebuah buku. Oleh karena itu, profesi penulis memang tidak pantas untuk dipandang sebelah mata.

Menulis akan terasa sangat mudah bagi yang sering melakukannya. Berbeda halnya dengan penulis baru. Mereka mengalami kesulitan untuk mewujudkan tulisannya. Diperlukan beberapa waktu agar tulisan tersebut dapat diterbitkan. Namun, Anda dapat mengikuti beberapa tips sukses bagi Anda yang baru memulai dunia ini, yakni :

Lakukan Riset Terlebih Dahulu
Bagi Anda penulis baru, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang dilakukan akan sangat membantu Anda untuk mengembangkan tulisan yang Anda buat. Dengan riset tersebut, Anda seolah-olah dapat merasakan apa yang terjadi pada bahan riset Anda. Memang riset sendiri membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya. Karena Anda juga perlu memperdalam karakter yang akan Anda tampilkan pada buku atau karya yang akan diterbitkan.

Banyaklah Membaca
Seperti apa yang dikatakan pepatah bahwa membaca buku merupakan jendela dunia. Hal itu benar adanya, karena dengan memperbanyak membaca buku Anda akan mendapatkan inspirasi-inspirasi. Buku merupakan sumber ilmu kedua yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ide-ide yang baru. Sehingga, Anda pun dapat mengembangkan tulisan Anda menjadi lebih bagik lagi dari hasil kegiatan membaca yang Anda lakukan. Materi yang dibaca pun bebas, Anda bisa memulainya dari majalah, artikel hingga buku-buku atau blog.

Aktiflah di Komunitas-Komunitas Tertentu
Dengan keaktifan Anda di komunitas-komunitas tersebut, Anda akan mendapatkan beberapa kritik dan juga pandangan mengenai hasil tulisan Anda. Jadi, tulisan Anda akan semakin diperbaiki agar layak untuk dibaca. Komunitas-komunitas tersebut sangatlah berperan penting bagi Anda penulis baru. Karena mereka juga dapat memberikan banyak masukan untuk Anda. Sehingga, akan banyak ilmu yang akan Anda dapatkan. Hal itu akan sangat berpengaruh lagi terhadap tulisan yang Anda lakukan.

Terus Latihan Menulis
Sebagai penullis baru, sukses memang masih sejauh mata memandang. Untuk itulah Anda membutuhkan tekad yang kuat seperti baja. Anda membutuhkan banyak latihan untuk terus menulis. Dengan terus menerus menulis, Anda akan mulai paham semua hal yang berkaitan dengan tulis menulis. Kesalahan yang terjadi memang wajar dilakukan, terlebih lagi karena Anda juga baru memulai menulis. Jadi, luangkanlah waktu sebanyak-banyaknya untuk terus menulis. Dengan latihan yang dilakuakan setiap hari, Anda akan mulai terbiasa untuk menulis. Tidak hanya itu, Anda juga akan paham kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat.

Seringlah Berkonsultasi
Sebagai penulis baru, Anda membutuhkan seseorang di belakang Anda untuk mencapai kesuksesan. Seseorang tersebut Anda butuhkan untuk berkonsultasi mengenai tulisan yang Anda hasilkan. Memilih orang yang sudah berpengalaman dibidangnya akan jauh lebih baik. Karena disanalah banyak ilmu yang tersimpan yang dapat Anda pelajari. Jadi, pilihlah seseorang yang dianggap memang pantas untuk dijadikan tempat berkonsultasi mengenai tulisan Anda.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan bagi penulis baru. Kesuksesan itu susah untuk diraih, memerlukan banyak sekali usaha dan air mata untuk mendapatkannya. Namun, apapun itu tidak ada yang mustahil di dunia ini. Selama Anda bekerja dengan tekun dan semangat, kesuksesan akan dapat Anda raih meskipun Anda baru seorang pemula.
- See more at: http://www.perempuan.com/read/tips-sukses-bagi-penulis-baru-#sthash.kK1Yf5LZ.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar