Pages

Jumat, 23 Agustus 2013

Raja Ampat

Tahukah kamu, kalau perairan dengan jumlah keanekaragaman hayati yang terbesar ada di Indonesia? Berikut ulasannya:
Terletak di provinsi Papua Barat, Raja Ampat adalah sebuah gugusan kepulauan yang mencakup lebih dari 1500 pulau-pulau kecil yang mengelilingi empat pulau utama, yaitu Misool, Salawati, Batanta, dan Wiageo. Luas Raja Ampat, daratan dan laut, mencakup lebih dari 40,000 km², meliputi Teluk Cendrawasih yang merupakan taman laut nasional terbesar di Indonesia.

Menurut Conservation International, survei kelautan membuktikan bahwa keanekaragaman hayati laut di Raja Ampat adalah yang tertinggi di muka bumi. Keberagamannya jauh melampaui wilayah lain di seputaran Coral Triangle yang mencakup Indonesia, Filipina, dan Papua Nugini. Coral Triangle sendiri adalah pusat dari keanekaragaman terumbu karang dunia, yang memungkinkan Raja Ampat menjadi ekosistem terumbu karang terkaya di dunia.

Keanekaragaman hayati di Raja Ampat sangat dipengaruhi oleh posisinya yang berada di antara Samudera Hindia dan Pasifik, di mana sangat memungkinkan bagi karang dan ikan-ikan untuk berbagi tempat di antara dua samudera ini. Keberagaman karang, ketahanan, dan perannya sebagai tempat penyebaran larva ikan membuatnya menjadi prioritas global untuk perlindungan laut.

Keberagaman kehidupan laut di Raja Ampat sangat mengejutkan, lebih dari 1,070 spesies ikan, 537 spesies karang, dan 699 spesies moluska ada di Raja Ampat. Di beberapa bagian dari taman laut ini, kita bisa bertemu dengan beberapa jenis hiu, pari manta, dan penyu. Bahkan, tak jarang kita bisa mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan lumba-lumba dan paus yang melintas. Ada hal spesial lain yang bisa kita temui saat menyelam di perairan Raja Ampat, yaitu pemandangan bangkai kapal dan pesawat tempur yang terjatuh saat perang pada jaman dahulu. Sebuah pemandangan yang tidak akan dilewatkan oleh para pecandu olah raga selam dan penikmat dunia bawah air.

Dengan keberadaan yang belum terjamah seluruhnya oleh manusia, perairan Raja Ampat bisa menjadi destinasi wisata dan edukasi yang sangat menakjubkan. Tidak menyangkan kan kalau negara Indonesia tercinta ini begitu kaya akan keragaman hayati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar