Pages

Jumat, 23 Agustus 2013

BAGAIMANA DAPATKAN IDE UNTUK MEMULAI USAHA/BISNIS?

Bila ingin memulai bisnis maka hendaknya bisnis tersbut harus dapat berkepanjangan dan sukses, namun kalau bisa juga kita jalankan dengan senang hati. Maksudnya adalah kita menjalankan bisnis tersebut dengan kesungguhan hati karena kita menyukainya sehingga kita tidak merasakannya sebagai beban.
Ada beberapa ide yang bisa kita jadikan pemulai bisnis kita, antara lain:
  1. Hobi; saya yakin kalau kita mulai sesuatu yang menjadi hobi kita maka sebenarnya kita sedang menjalankan hobi namun akhirya kita bisa untung…
    Contoh: - Ada mahasiswa yang hobinya adalah mendandani boneka, nah hobi itu dilanjutkan dengan membuat boneka dan menjualnya…
                 - Saya hobi mengajar maka saya bisa memulai usaha kursus tertentu…


  2. Keahlian; berbeda dengan hobi, memulai dengan keahlian maksudnya adalah kita memulai sesuatu bisnis dimana kita memiliki kehlian yang menjadi keharusan dalam bisnis tersebut.
    Contoh : Bila kita memiliki keahlian dalam memperbaiki sepeda atau sepeda motor, maka akan memudahkan kita untuk memulai usaha sepeda / sepeda motor.


  3. Bisnis Warisan; maksudnya bila di keluarga kita sudah menjalankan bisnis sebelumnya, maka kita menjadikan bisnis itu sebagai ide awal dalam mendirikan usaha. Jadi bisnis yang tadinya menjadi bisinis keluarga sekarang kita buat bisnis yang sama atau mirip dengan bisnis tersebut.
    Contoh: Keluarga saya selama ini sudah menjalankan bisnis menjual makanan Bakmi Ayam, dan saya sudah familiar dengan bisnis tersebut, maka saya dapat memulai bisnis tersebut dengan beberapa penyesuaian sesuai kehendak pasar setempat agar bisa sukses..


  4. Memiliki akses pasokan usaha; maksudnya adalah bila saya memiliki akses untuk mendapatkan suatu produk, dan dengan fasilias tersebut memudahkan saya memulai bisnis…
    Contoh: Ayah saya bekerja pada perusahaan penjual suku cadang kendaraan bermotor, dan dengan jaminan ayah saya saya bisa memperolah suku cadang untuk dijual dengan faslitas jangka waktu pembayaran yang lebih panjang…


  5. Memiliki akses penjualan produk / jasa; maksudnya adalah disekitar kita atau melalui jaringan pertemanan yang dimiliki maka mempermudah penjualan produk / jasa  kita.
    Contoh: - Di dekat rumah saya ada universitas atau sekolah dan saya tahu mereka membutuhkan jasa fotocopy yang cukup banyak, maka saya mendirikan bisnis fotocopy untuk melayani kebutuhan tersebut..
               - Saudara dan kerabat serta teman saya bekerja pada perusahaan yang membutuhkan pasokan kertas tissue yang cukup banyak, maka saya memanfaatkan jaringan itu untuk memasok kertas tissue secara kontinu..
Terlihat bahwa untuk memulai suatu bisnis kita dapat mendapatkannya tidak sesulit yang kita bayangkan sebelumnya…..
Selamat mencoba dan semoga sukses…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar