Zaman sekarang beda banget sama zaman kita SD dulu, harga jajanan SD dulu paling kisaran Rp500,- sampai Rp2.000,-an doang. Itu juga udah puas banget. Abang-abang yang jualan biasanya parkir gerobaknya di depan gerbang sekolah, mereka dengan sabar menanti jam istirahat dan jam pulang sekolah tiba, mereka selalu ramah nawarin dagangannya, meski kadang kita cuekin karena uang kita udah abis.

Nah, kita nostalgia yuk tentang minuman-minuman yang eksis pas zaman SD, ketika kita masih pake putih-merah, dan masih demen ngejar layangan putus di siang bolong, sampe kulit item keling ditambah warna rambut kita berubah jadi merah alami (mirip boyband-boyband) karena terik sinar matahari.

Ngomong-ngomong, kalian masih inget gak minuman apa aja yang eksis pas zaman SD? Kalo lupa-lupa inget, mending kalian baca artikel ini, supaya inget lagi.

Es Orson



Es Orson ini adalah salah satu minuman yang paling banyak di jual pas zaman kita SD. Es orson ini banyak varian rasanya, paling banyak sih rasa buah. Yang warna oranye rasa jeruk, yang bening soda ceritanya rasa Sprite (ada sensasi nyereng-nyereng dikit), yang warnanya merah rasa stroberi, dan yang warnanya coklat rasa sarsaparilla.

Es Serut



Kalian masih inget gak es serut yang biasanya dicetak pake cetakan bentuk-bentuk binatang, bintang, atau bola. Es ini dibuat dari es batu yang diserut sampe jadi butiran debu, eh maksudnya butiran es, terus dimasukin ke cetakan, terus ditusuk pake gagang, terus dipadetin, terus dilumurin sirup warna-warni supaya keliatan menarik dan menggiurkan. Minumnya diseruput pelan-pelan kalo esnya udah mulai mencair, sruppp... sruppp... Kalo rasa sirupnya udah hambar, esnya digadoin, deh.

Es Gabus Pelangi



Ada yang nyebut es ini dengan nama ‘Es Gigit’, soalnya es ini emang cara dinikmatinnya digigit, bentuk esnya padat kayak potongan gabus, warnanya juga warna-warni kayak pelangi, mungkin itu sebabnya es ini dinamain es gabus pelangi. Kalo dulu kalian pernah makan es ini, sensasi dinginnya maknyus banget pas digigit, gigi rasanya sampe ngilu-ngilu, abis itu beneran sakit gigi deh, sukurin. Hihihi.

Es Mambo



Nah, ini nih es yang paling digemari sama bocah SD, harganya juga murah banget. Dulu sih, rata-rata harganya gopek alias Rp200,-. Es ini biasanya dibuat dari teh manis, sirup, bahkan kuah rujak yang dibekuin. Es ini rasanya seger dan nagih banget, cara nikmatinnya dihisap atau dikenyot pelan-pelan, beneran bikin nagih dan bikin pengin ngenyot lagi (?).

Es Goyang



Eh, tunggu dulu, namanya emang es goyang, tapi bukan es yang tiba-tiba goyang sendiri, terus abang yang jualnya juga ikutan goyang. Bukan! Tapi, es ini terbuat dari susu yang dibekuin, pas es ini beku baru ditancepin gagang esnya, saat siap saji esnya digoyangin pelan-pelan sambil nyabut batang esnya, abis itu esnya dicelupin sambil digoyangin di kuah coklat.

Gigitan pertama es ini rasanya dingin-dingin gimana gitu, rasa susunya berasa banget, ditambah kuah coklat yang mengeras di permukaan esnya rasanya enak banget, bikin kita pengin nambah terus-terusan.

Gimana? Inget lagi kan apa aja minuman yang eksis pas zaman SD? Rasanya jadi pengin balik ya ke zaman itu. Es apa lagi ya yang dulu rasanya surga dunia banget?