Pages

Rabu, 03 April 2013

Mencari Kebenaran Segitiga Bermuda, Part 1



Misteri oh misteri, kalo gak dicari tau bakal bikin penasaran, tapi kalo dicari tau ujung-ujungnya gak ketemu tuh jawaban, yang ada malah makin bingung. Yah begitulah, namanya juga misteri, kalo gampang ketebak namanya bukan misteri, tapi ending FTV. Buat kamu-kamu semua yang suka sama teori konspirasi dan misteri, kali ini kami mau ngebahas salah satu fenomena konspirasi dan misteri dunia yang konon sampe sekarang belum ketauan kebenarannya, yang misteri Segitiga Bermuda.

Segitiga Bermuda ini masih jadi bahasan yang paling sering diangkat jadi buku di seluruh dunia, baik itu dari sisi sains, sisi gaib, sampe ke sisi budaya. Pokoknya buat kamu yang belum pernah tau Segitiga Bermuda, kamu wajib baca tulisan ini, biar kamu tau dan gak ketinggalan informasi, soalnya masih mending ketinggalan bis daripada ketinggalan informasi.

Segitiga Bermuda, yang juga dijuluki sebagai “Segitiga Setan”, adalah sebuah wilayah yang berada di sebelah barat Samudera Pasifik bagian Utara. Tepatnya bila ditarik dengan garis lurus yang membentuk segitiga adalah dari semenanjung Florida (Amerika Serikat) - San Juan (Puerto Rico) – Pertengahan Samudera Atlantik wilayah Bermuda.


Yang menjadi misteri dari Segitiga Bermuda ini adalah banyak kejadian hilangnya sejumlah pesawat dan kapal laut yang melintasi wilayah tersebut secara misterius dan aneh. Sampai sekarang, banyak teori bermunculan tentang kejadian ini, mulai dari yang berhubungan dengan dunia paranormal, sampe teori tentang mahluk luar angkasa alias alien yang melakukannya. Tapi, apa bener begitu?

Asal Muasal Dan Sejarah
Banyak kalangan pengamat yang menganggap kalo misteri Segitiga Bermuda sebenarnya udah ada sejak jaman Cristopher Columbus masih bertualang menjelajah samudera pada tahun 1492. Disebutkan dalam perjalanannya bahwa Columbus sering nemuin kejadian-kejadian ganjil setiap melewati wilayah Segitiga Bermuda, mulai dari perubahan arah mata kompas yang aneh sampe kemunculan cahaya misterius di langit. Hingga kini, fenomena tersebut dipercaya masih sering terjadi, dan beberapa beranggapan bahwa itu disebabkan oleh kemunculan UFO. Wow!

Namun secara umum, awal mula Segitiga Bermuda menjadi legenda dan fenomena dunia bermula pada tahun 1950, yaitu ketika seorang jurnalis Edward Van Winkle Jones menulis sebuah artikel tentang hilangnya sejumlah pesawat dan kapal secara misterius pada akhir tahun 40-an.


Baru setelah itu, mulai banyak tulisan-tulisan dan liputan yang muncul tentang Segitiga Bermuda ini. Pada Februari 1964, Vincent Gaddis membuat sebuah artikel berjudul “The Deadly Bermuda Triangle”, yang kemudian diterusin sama dia jadi buku. Abis itu baru deh mulai banyak yang bikin buku tentang teori-teori mengenai misteri Segitiga Bermuda ini sampe sekarang.

Sebelum kita lanjutin ngebahas tentang misteri Segitiga Bermuda ini, kami mau ngasih tau kamu dulu daftar-daftar kejadian misterius yang terjadi di Segitiga Bermuda:

  • 1918: kapal laut USS Cyclops, yang berisikan para pekerja batu bara, meninggalkan Barbados pada tanggal 4 Maret. Hilang bersama semua kru dan penumpang yang totalnya berjumlah 309 orang dalam perjalanan menuju Baltimore, Maryland.
  • 1921: 31 Januari, Carroll A. Deering dan Kapten W. B. Wormell, ditemukan terdampar di Carolina Utara.
  • 1925: 1 Desember, kapal laut SS Cotopaxi, mengirimkan sinyal radio yang melaporkan bahwa kapal akan tenggelam. Hingga kini kapal tersebut tidak ditemukan.
  • 1941: kapal laut USS Proteus (AC-9), hilang bersama 58 orang di tengah lautan pada tanggal 23 November. Sebulan kemudian, kapal USS Nereus (AC-10) juga hilang bersama 61 orang di dalamnya pada tanggal 10 Desember.
  • 1945: 5 Desember, pesawat terbang Flight 19 hilang bersama 14 awak di dalamnya, lalu pada hari yang sama, pesawat PBM Mariner BuNo 59225 yang ditugaskan mencari Flight 19 juga dilaporkan hilang dengan 13 awak di dalamnya.
  • 1948: 30 Januari, pesawat terbang Avro Tudor G-AHNP Star Tiger hilang bersama 6 orang kru dan 25 orang penumpang.
  • 1948: 28 Desember, pesawat terbang Douglas DC-3 NC16002 hilang bersama 3 orang kru dan 36 orang penumpang.
  • 1949: 17 Januari, pesawat terbang Avro Tudor G-AGRE Star Ariel hilang bersama 7 orang kru dan 13 penumpang.
  • 1963: 14 Februari, kapal laut marinir SS Sulphur Queen, yang membawa 15,260 ton sulfur, hilang bersama 39 krunya.
  • 1969: dua orang penjaga mercusuar Great Isaac, Bahama, dilaporkan hilang dan tidak ditemukan sampai sekarang.

Tuh, banyak kan yang ilang secara misterius, ya walaupun gak semisterius ilangnya perasaan ke gebetan secara tiba-tiba sih. Tapi bukan misteri namanya kalo gak ada yang berusaha menjelaskan, dan pastinya ada banyak versinya, mulai dari teori yang ngaco asal-asalan sampe yang seilmiah mungkin. Kamu-kamu tenang aja, kami udah pilihin kok penjelasan-penjelasan yang paling oke tentang Segitiga Bermuda ini.

Eits, tapi tunggu dulu ya, udah kepanjangan nih, jadi kayanya harus bersambung di part 2, okeh! Biar kamu-kamu makin penasaran, kaya sinetron Putri Yang Tertukar, tertukar dengan barang rongsokan. Kwuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar