Pages

Rabu, 20 Februari 2013

jamur unik

amur berhabitat pada bermacam-macam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes. Dari sekian banyak jenis jamur, berikut adalah jamur yang memiliki rupa menakjubkan: 


1. Amanita muscaria 




Amanita muscaria adalah jamur beracun yang termasuk ke dalam golongan basidiomycota. Jamur ini memiliki warna yang bervariasi, mulai dari merah terang, jingga, kuning, hingga putih.Amanita muscaria dapat ditemukan di berbagai daerah di seluruh dunia karena jamur ini mampu tumbuh di berbagai suhu, mulai dari suhu dingin seperti di kutub hingga daerah tropis sekalipun.Namun, ciri khas dari jamur ini adalah adanya bercak-bercak putih di bagian kepala. Amanita muscaria memang terkenal sangat beracun karena dalam 2-3 jam setelah menghirup jamur ini dapat terjadi diare, vertigo,koma, muntah, dan beberapa efek lainnya.Pada bagian tubuh buah dari jamur ini, terdapat senyawa asam ibotenat dan muscimol yang bersifathalusinogen dan psikoaktif. Senyawa tersebut dapat mempercepat mengganggu sistem saraf, denyut jantung, mulut kering, dan halusinasi.


2. Jamur Berdarah (Hydnellum peckii)

 
Hydnellum peckii adalah jamur yang tidak dapat dimakan, dan anggota dari genus Hydnellum dari famili Bankeraceae. Jamur ini adalah spesieshydnoid, menghasilkan spora pada permukaan vertikal duri atau gigi seperti proyeksi yang menggantung dari permukaan bawah tubuh buah. Jamur ini ditemukan di Amerika Utara, Eropa, dan baru-baru ini ditemukan di Iran (2008) dan Korea (2010). Hydnellum peckii adalah spesies mikoriza, dan bentuk hubungan yang saling menguntungkan dengan berbagai pohon konifer, tumbuh di tanah sendiri-sendiri, tersebar, atau dalam massa menyatu.


3. Jamur Otak (Gyromitra esculenta)

 
Jamur Otak adalah salah satu dari beberapa spesies jamur yang dikenal memiliki bentuk seperti otak. Jamur ini tersebar secara luas di seluruh Eropa dan Amerika Utara. Biasanya jamur ini tumbuh berkecambah di tanah berpasir di bawah pohon jenis konifera pada saat musim semi dan awal musim panas. Meskipun berpotensi fatal jika dimakan mentah, Gyromitra esculenta adalah bahan makanan lezat yang populer di Skandinavia, Eropa Timur, dan Amerika Utara.


4. Jamur Surai Singa (Hericium erinaceus) 

 
Hericium erinaceus atau juga disebut Jamur surai singa atau Jamur landak Jamur, adalah species dari jamur merang dan jamur obat dalam kelompok jamur gigi. Berasal dari Amerika Utara, jamur ini sering tumbuh selama akhir musim panas dan musim gugur pada kayu keras, terutama kayu Beech Amerika.


5. Jamur Cerutu Iblis (Chorioactis geaster)

 
Chorioactis adalah genus jamur spesies tunggal dari Chorioactis geaster, jamur ini umumnya dikenal sebagai jamur cerutu iblis atau jamur Bintang Texas di Amerika Serikat, sedangkan di Jepang disebut kirinomitake. Ini jamur sangat jarang dan hanya ditemukan di Texas dan Jepang. Awalnya jamur ini berbentuk seperti sebuah cerutu dengan warna coklat yang gelap. Kemudian jamur ini akan mekar berkembang seperti sebuah bintang dengan empat kelopak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar