Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Pilih Tas Tepat Demi Kesehatan Bahu

Sering merasa nyeri di pundak, bahu atau punggung bagian belakang? Coba perhatikan kembali tas yang paling sering Anda kenakan setiap harinya, bisa jadi itulah sumber masalah nyeri yang Anda rasakan. Bentuk, tali, hingga berat tas ternyata patut diperhatikan demi kesehatan Anda.

Tidak selamanya tampil gaya haruslah selalu menyakitkan. Tidak perlu memakai tas bagus dan mahal tetapi ternyata membuat bahu Anda sakit. Bagaimana menyiasatinya?

Pilih bahan tas yang ringan jika kemungkinan Anda akan mengenakannya tiap hari. Contohnya seperti bahan kanvas, katun, atau bahan apapun dengan massa yang lebih ringan.

Pilih tas dengan tali yang lebar. Tali yang tipis dan kecil justru akan menambah berat beban dalam isi tas Anda yang harus dipikul. Sedangkan lebar tali tas dapat membantu tubuh dalam membagi berat beban tersebut, sehingga beban tidak tertumpu hanya pada satu titik tubuh saja.

Beri pengaman pada tali. Jika bahan tali tas terasa tidak nyaman tambahkan bantalan atau kain pengaman agar pundak atau tangan Anda lebih nyaman.

Ganti posisi saat memikul tas. Jangan hanya bertumpu pada satu sisi pundak, gantilah posisi membawa tas setiap 5 menit sekali agar aliran darah tetap lancar.

Jangan memakai tas dengan tali yang terlalu panjang. Pilih dengan tali berukuran pas, tidak terlalu pendek atau panjang, karena makin panjang talinya, beban pundak makin tertarik ke bawah oleh gravitasi.

Tas punggung lebih aman. Jika posisi pundak Anda lebih miring sebelah, ini pertanda Anda harus segera beralih menggunakan tas punggung. Dua tali lebar lebih baik untuk memikul berat beban dalam tas.

Kurangi isi di dalam tas. Jangan jadikan tas Anda seperti kantong doraemon. Cobalah untuk mensortir benda-benda penting saja saat bepergian. Usahakan agar berat tas tidak melebihi 1,25kg.

Hindari membawa tas-tas belanjaan yang terlalu berat di kedua tangan. Tidak hanya tas pribadi, tas-tas belanja Anda pun dapat menyebabkan masalah. Jika terlalu banyak ada baiknya Anda menggunakan trolley agar bahu Anda tidak terasa nyeri setelahnya.

Lakukan peregangan bahu dan leher. Lakukan gerakan seperti mendayung : berdiri tegap dan ulurkan tangan lurus ke depan, lalu lakukan gerakan seperti mendayung perahu kanan kiri bergantian. Selanjutnya, pijat atua remas area pundak dengan posisi dagu sedikit terangkat. Ulangi sebanyak 10 kali hitungan untuk setiap tangan.

Dukung tubuh dengan sepatu yang tepat. JIka harus membawa beban berat, pilih sepatu dengan sol karet agar dapat mengimbangi tubuh saat membawa beban yang berat. Hindari sandal atau sepatu bersol tipis karena akan menimbulkan masalah besar bagi tulang punggung dan tulang sendi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar